Skripsi
PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri se-Kecamatan Dukuhturi Tahun Ajaran 2012 / 2013)
Kata Kunci : efikasi diri, minat belajar dan prestasi belajar matematika
Latar belakang penelitian ini adalah matematika merupakan rajanya ilmu dan menjadi peranan penting dalam pendidikan. Sehingga matematika dipelajari mulai dari jenjang sekolah dasar sampai jenjang perguruan tinggi. Kurangnya efikasi diri peserta didik dalam mencapai prestasi belajar matematika yang akan berdampak pada rendahnya prestasi belajar yang dicapai. Faktor lain yang ikut berperan dalam pencapaian prestasi belajar matematika ini adalah minat belajar peserta didik. Kurangnya minat belajar peserta didik mengakibatkan peserta didik cenderung menerima apa saja yang disampaikan oleh guru, diam dan enggan dalam mengemukakan pertanyaan maupun pendapat. Hal ini mengakibatkan faktor beragamnya prestasi belajar matematika peserta didik dan menghasilkan prestasi belajar yang tidak seperti yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika. (2) apakah ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. (3) apakah ada pengaruh efikasi diri dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Dukuhturi Tahun Ajaran 2012 / 2013 sebanyak 561 peserta didik yang terdiri atas dua sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan taraf signifikansi 0,05. Mengacu pada tabel penentuan sampel yang dikembangkan Issac dan Michael diperoleh sampel sebanyak 213. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan angket, untuk dihitung validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji linear sederhana dan uji linear ganda yang sebelumnya data ini telah diuji normalitas, uji homogenitas, uji multikolinearitas sebagai uji prasyarat regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika sebesar 39,3%. (2) ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 34,23%. (3) ada pengaruh efikasi diri dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika 50,3%.
17095012180 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain