Skripsi
HUBUNGAN ANTARA POLA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 1 DUKUHTURI KAB. TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: pola interaksi sosial, perkembangan emosional
Penelitian ini membahas pola interaksi sosial dan perkembangan emosional.Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana pola interaksi sosial pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Dukuhturi Kab.Tegal.Bagaimana perkembangan emosional peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Dukuhturi Kab.Tegal.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan pola interaksi sosial dengan perkembangan emosional pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Dukuhturi Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2012-2013.
Sumber data Penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMKNegeri 1 Dukuhturi Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2012-2013 dengan populasi 396 peserta didik dan sampel sebanyak 40 peserta didik dengan menggunakan teknikcluster sampling. Teknik pengumpulan data meliputi angket, observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Berdasarkan hasil analisis data, untuk kategori pola interaksi sosial pada kategori baik dan tingkat perkembangan emosional pada kategori baik. Diperoleh nilai r = 0,704, kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan jumlah responden (N) = 40 taraf signifikan 5 % ternyata nilai rhitunglebih besar dari rtabel yaitu 0,704>0,312, maka hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi “Tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola interaksi sosial dengan perkembangan emosional pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013, dinyatakan ditolak dan menerima hipotesis kerja (Ha) berbunyi “Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola interaksi sosial dengan perkembangan emosional pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah pola interaksi sosial peserta didik yang baik dapat dimanfaatkan guru untuk mengembangkan kemampuan komunikasi peserta didik.Perkembangan emosional peserta didik yang baik sebagai upaya guru bimbingan konseling dalam membina dan mengarahkan sikap peserta didik yang lebih baik.
01110500226 | NUR h | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain