Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN GARIS DAN SUDUT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 )
Kata Kunci : Keefektifan Model Pembelajaran PBL, Kemampuan Awal, Prestasi Belajar.
Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika cenderung masih rendah, ini disebabkan kemampuan awal dan model pembelajaran. Model pembelajaran yang guru terapkan biasanya hanya menerangkan materi yang akan diajarkan tidak mengaplikasikan keadaan kehidupan sehari-hari sehingga siswa tidak mengetahui manfaat yang akan diperoleh dalam materi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis : 1) Perbedaan antara prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Konvensional, 2) Prestasi belajar matematika siswa yang berkemampuan awal tinggi diajar dengan model PBL lebih baik dari pada yang diajar dengan pembelajaran konvensioanal. 3) Prestasi belajar matematika siswa yang berkemampuan awal rendah diajar dengan model PBL lebih baik dari pada yang diajar dengan pembelajaran konvensional.
Populasi penelitian ini adalah kelas VII, semester II SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 138 siswa, terbagi dalam 5 kelas. Pengambilan Sampel dengan tehnik cluster random sampling, terpilih kelas VII-B dan VII-C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 54 siswa, kemudian kelas VII-D dan VII-E sebagai kelas kontrol dengan jumlah 54 siswa. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soal. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji-t dua pihak yang dilanjutkan dengan uji-t pihak kanan, yang sebelumnya telah di uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan uji Liliefors dan Bartlett.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran PBL dan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. 2) prestasi belajar matematika siswa yang berkemampuan awal tinggi diajar dengan pembelajaran PBL lebih baik dari pada yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. 3) prestasi belajar matematika siswa yang berkemampuan awal rendah diajar dengan pembelajaran PBL lebih baik dari pada yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
17095011760 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain