Skripsi
PERAN BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Bimbingan Pribadi, dan penyesuaian diri
Penelitain ini bertujuan : Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan pribadi, Untuk mengetahui penyesuaian diri, Untuk mengetahui peran bimbingan pribadi terhadap penyesuaian diri terhadap penyesuaian diri pada peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 138 Peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari seluruh populasi yang berjumlah 138 peserta didik sehingga didapat sampel penelitian 36 peserta didik.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan teknik analisis data dengan metode analisis deskriptif analisis korelasi. Hasil Tryout N 30=0,361 perhitungan reliabilitas Peran Bimbingan Pribadi didapat 0,846 dan perhitungan reliabel variabel penyesuaian diri didapat 0,810. Dengan demikian hasil try out variabel bimbingan pribadi terhadap penyesuaian diri dikatakan reliabel.
Dengan metode analisis deskriptif diperoleh hasil bimbingan pribadi peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 dalam kriteria tinggi. Sedangkan penyesuaian diri peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 dalam kriteria tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi diperoleh rxy sebesar 0,876, dengan n= 36 taraf signifikan 5% diperoleh rtabel =0,325, maka rxy>rtabel atau 0,876 > 0,325, Sedangkan..Berarti hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “ ada peran yang positif dan signifikan bimbingan pribadi terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013” dinyatakan diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah layanan bimbingan pribadi sangat berperan dalam penyesuaian diri peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran dari penulis diharapkan dapat memberikan informasi dan pemahaman tentang layanan bimbingan pribadi, terutama kaitannya dengan penyesuaian diri peserta didik sehingga peserta didik dapat lebih bisa menyesuaikan diri dilingkungan yang baru.
Adapun kontribusi yang diberikan peran bimbingan pribadi terhadap penyesuaian diri peserta didik sebesar 76,7% sedangkan 23,3% merupakan faktor yang lain yang tidak penulis teliti.
01109501302 | SUL p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain