Skripsi
PENGARUH SIKAP ILMIAH DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII SemesterII SMP Negeri Se-Kecamatan KramatTahun Pelajaran 2012/2013)
Kata kunci : Pengaruh Sikap Ilmiah, Konsep Diri, Prestasi Belajar Matematika.
Sikap ilmiah dan konsep diri merupakan beberapa faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar matematika peserta didik. Tujuan penelitian pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri se-kecamatan Kramat Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah untuk membuktikan adanya : (1) pengaruh positif sikap ilmiah terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh positif konsep diri terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh positif sikap ilmiah dan konsep diri terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah dua sekolah yaitu seluruh peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri se-kecamatan Kramat Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 648 peserta didik yang terbagi dalam 18 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 135 responden. Metode pengumpulan data yang menggunakan metode dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat : (1) pengaruh yang signifikan antara sikap ilmiahterhadap prestasi belajar matematika sebesar 38,44%, (2) pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap prestasi belajar matematika sebesar 13,6%, (3) pengaruh yang signifikan antara sikap ilmiah dan konsep diri terhadap prestasi belajar matematika sebesar 38,89 %, (4) sikap ilmiah dan konsep diri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar, peserta didik yang mempunyai sikap ilmiah dan konsep diri yang tinggi maka mengakibatkan prestasi belajar matematikanya cenderung lebih baik.
01709501150 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain