Skripsi
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPING, PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRATION BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL), DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DALAM HAL PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Kata Kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Demonstration berbasis CTL, Konvensional, dan Pretasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)apakah terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping, perpaduan model pembelajaran Demonstation berbasis Contextual Teaching and Learning dan model pembelajaran Konvensional pada peserta didik kelas XI Program IPS semester II SMA N 4 Tegal tahun ajaran 2012/2013; 2)apakah terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Mind Mapping dan perpaduan model pembelajaran Demonstation berbasis Contextual Teaching and Learning pada peserta didik kelas XI Program IPS semester II SMA N 4 Tegal tahun ajaran 2012/2013; 3)apakah terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Mind Mapping dan model pembelajaran Konvensional pada peserta didik kelas XI Program IPS semester II SMA N 4 Tegal tahun ajaran 2012/2013; 4)apakah terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan perpaduan model pembelajaran Demonstation berbasis Contextual Teaching and Learning dan model pembelajaran Konvensional pada peserta didik kelas XI Program IPS semester II SMA N 4 Tegal tahun ajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2012/2013 yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel penelitian diambil secara Cluster Random Sampling, sampel yang diambil 3 kelas, kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen I (dengan Mind Mapping), kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen II (dengan Demonstration berbasis CTL), dan XI IPS 5 sebagai kelas kontrol (dengan konvensional). Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi yang berbentuk uraian. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji anava, dan uji Lanjut benferoni, dengan terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitas menggunakan uji Liliefors dan Bartlett.
Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa: 1)terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping, perpaduan model pembelajaran Demonstation berbasis Contextual Teaching and Learning dan model pembelajaran Konvensional pada peserta didik kelas XI Program IPS semester II SMA N 4 Tegal tahun ajaran 2012/2013; 2)tidak terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Mind Mapping dan perpaduan model pembelajaran Demonstation berbasis Contextual Teaching and Learning pada peserta didik kelas XI Program IPS semester II SMA N 4 Tegal tahun ajaran 2012/2013; 3)terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Mind Mapping dan model pembelajaran Konvensional pada peserta didik kelas XI Program IPS semester II SMA N 4 Tegal tahun ajaran 2012/2013; 4)terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan perpaduan model pembelajaran Demonstation berbasis Contextual Teaching and Learning dan model pembelajaran Konvensional pada peserta didik kelas XI Program IPS semester II SMA N 4 Tegal tahun ajaran 2012/2013.
17095012570 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain