Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap MTs se-Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata kunci:penalaran, emosional, Prestasi.
Kemampuan penalaran dan kecerdasan emosional merupakanbeberapafaktor internal yang mempengaruhiprestasibelajarmatematikapesertadidik.Tujuanpenelitianpadapeserta didikkelas VII semester genapMTsse-Kecamatan Randudongkal TahunPelajaran 2012/2013 adalahuntukmembuktikan: (1) ada tidaknya pengaruh kemampuan penalaran terhadapprestasibelajarmatematikakelas VII semester genap MTsse-Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013, (2) ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadapprestasibelajarmatematikakelas VII semester genap MTsse-Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013, (3) ada tidaknya pengaruh kemampuan penalaran dan kecerdasan emosional terhadapprestasibelajarmatematikakelas VII semester genap MTsse-Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasidalampenelitianiniadalahseluruhpeserta didikkelas VII semester genapMTsse-Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang TahunPelajaran 2012/2013 sebanyak 250 peserta didik yang terbagidalam 7 kelas. PengambilansampelmenggunakanteknikCluster Random Sampling.Sampeldalampenelitianinidiambil sebanyak 131 peserta didikyaitudiperolehdarikelas VII-A dan VII-D di MTsNurul Islam Randudongkal, dankelas VII-A dan VII-B di MTsAssalam Kejene.Metodepengumpulan data yang digunakanadalahmetode tes, angket, dan dokumentasi, Teknikanalisis data menggunakanujiregresi linear sederhanadanujiregresi linear ganda, Sebelumnya data diujidenganujiLilieforsuntukmengetahuinormalitas data.
Hasilpenelitianpadapeserta didikkelas VII semester genapMTsse-Kecamatan Randudongkal TahunPelajaran 2012/2013 diperoleh simpulan: (1) ada pengaruh kemampuan penalaran terhadapprestasibelajarmatematikapeserta didikkelas VII semester genapMTsse-Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang TahunPelajaran 2012/2013, (2) ada pengaruh kecerdasan emosional terhadapprestasibelajarmatematikapeserta didikkelas VII semester genapMTsse-Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang TahunPelajaran 2012/2013, (3) ada pengaruh kemampuan penalaran dan kecerdasan emosional terhadapprestasibelajarmatematikapeserta didikkelas VII semester genapMTsse-Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang TahunPelajaran 2012/2013.
17095012440 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain