Skripsi
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE aRTi TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI TINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL (Suatu penelitian pada siswa kelas VII semester genap SMP MA’ARIF NU 01 PANGKAH dan MTs RAUDLOTUT THOLIBIN KALIKANGKUNG Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Metode aRTi, Kemampuan awal, Prestasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar dengan menggunakan metode aRTi dan metode konvensional yang ditinjau dari kemampuan awal pada siswa kelas VII Semester II di SMP Ma’arif NU 01 Pangkah dan MTs Raudlotut Tholibin kalikangkung Tahun Pelajaran 2012/2013
Populasi penelitian ini adalah kelas VII tahun pelajaran 2012/2013 di SMP Ma’arif NU 01 Pangkah dan MTs Raudlotut Tholibin Kalikangkung dengan jumlah 156 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel penelitian diambil dengan cara cluster random sampling. Diambil 2 kelas secara random dari 5 kelas yang ada. Kelas yang diambil adalah kelas VII A dan VII C sebagai kelas eksperimen (dengan metode aRTi) dan kelas VII B dan VII D sebagai kelas kontrol (dengan metode konvensional). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes evaluasi belajar. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu instrument diteskan kepada 32 siswa yang mempunyai kemampuan sama dengan sampel penelitian ini. Analisa data untuk penelitian ini menggunakan uji anava dengan rancangan acak kelompok dengan penarikan anak contoh. Dalam penelitian ini, hasil prestasi belajar dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuan awal belajarnya yaitu dalam kelompok kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VII Semester II di Ma’arif NU 01 Pangkah dan MTs Raudlotut Tholibin kalikangkung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang diajar dengan menggunakan metode aRTi dan metode konvensional, (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VII Semester II di Ma’arif NU 01 Pangkah dan MTs Raudlotut Tholibin kalikangkung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang ditinjau dari kemampuan awal.
1709501212 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain