Skripsi
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ( Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap MTs Al –Muawanah Harjawinangun Tahun Pelajaran 2012/2013 )
Kata Kunci : Keefeketifan, Multiple Intelligences, Prestasi Belajar.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika berbasis Multiple Intelligences efektif terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VII semester genap MTs Al – Muawanah Harjawinangun tahun pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu membandingkan pembelajaran yang berbasis Multiple Intelligences dengan pembelajaran Konvensional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester genap MTs Al – Muawanah Harjawinangun Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 4 kelas masing–masing kelas berjumlah 36 peserta didik jadi penelitian dalam populasi ini adalah 144 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan metode Cluster Random Sampling diperoleh 2 kelas sampel yaitu kelas VIIC sebagai kelompok Eksperimen sebanyak 36 peserta didik, Kelas VIID sebagai kelompok Kontrol sebanyak 36 peserta didik.
Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa instrumen tes prestasi, bentuk tes yang digunakan adalah pilihan ganda. Dengan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian diperoleh pembelajaran berbasis Multiple Intelligences lebih efektif terhadap prestasi belajar matematika.
17095012450 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain