Skripsi
PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI SE-KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2012/2013
Kunci :Kepercayaan Diri, Lingkungan Belajar, Prestasi
Dengan didukung pendapat mortimer smith dalam hamalik (2009: 16) yang mengatakan bahwa pendidikan menghasilkan manusia terdidik yang dapat berkomunikasi dengan manusia lainnya sekaligus beserta alasan lain yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) ada tidaknya pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika, 2) ada tidaknya pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika, 3) ada tidaknya pengaruh kepercayaan diri dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas X Semester II SMA Negeri se-Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal.
Populasidalampenelitianiniadalahpeserta didikkelas X semester II SMA Negerise-Kecamatan Tegal Timur Kota Tegalsebanyak812peserta didik yang terbagidalam 3 sekolah. PengambilansampelmenggunakanteknikProporsional Random Sampling.Sampeldalampenelitianinidiambilsebanyak81peserta didikyaitudiperolehdari28 peserta didik SMA Negeri 1 Tegal, 28 peserta didik SMA Negeri 3 Tegal, dan 25 peserta didik SMA Negeri 4 Tegal. Metodepengumpulan data yang digunakanadalahmetodedokumentasi dan angket.Teknikanalisis data menggunakanujiregresi linear sederhanadanujiregresi linear ganda, sebelumnya data diujidenganujiLilieforsdanujiBartletuntukmengetahuinormalitas sisadanhomogenitas data.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa, adapengaruh yang signifikanantara: 1) kepercayaandiri terhadapprestasibelajarmatematika, 2) lingkungan belajarterhadapprestasibelajarmatematika, 3) kepercayaan diri dan lingkungan belajar terhadapprestasibelajarmatematika peserta didikkelas X semester II SMA Negerise-Kecamatan Tegal Timur Kota Tegaltahunajaran 2012/2013.
01709501265 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain