Skripsi
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SUATU PENELITIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI SE-KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : kecerdasanintelektual, kecerdasanemosional, prestasibelajar
Tujuanpenelitianiniadalah: (1) untukmengetahuiadatidaknyahubungan yang signifikanantarakecerdasanintelektualdenganprestasibelajarmatematika; (2) untukmengetahuiadatidaknyahubungan yang signifikanantarakecerdasanemosionaldenganprestasibelajarmatematika; (3) untukmengetahuiadatidaknyahubungan yang signifikanantarakecerdasanintelektualdankecerdasanemosionaldenganprestasibelajarmatematika.
Sumber data penelitianiniadalahpesertadidikkelas VIII SMP Negeri se-kotaTegaltahunpelajaran 2012/2013 dengananggotapopulasisebanyak 3611 pesertadidik. Sampeldalampenelitianinisebanyak 341 pesertadidik yang diambildengancarasampling purposivedanproportionate stratified random sampling. Data kecerdasanintelektualpesertadidikdiperolehdaridokumentasihasilpsikotest, data kecerdasanemosionaldiperolehmelaluiangket, sedangkan data prestasibelajarmatematikadiperolehmelaluidokumentasihasil UAS semester II pesertadidik.Teknikanalisis data menggunakananalisisregresisederhanadananalisisregresiganda.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: (1) adahubungan yang signifikanantarakecerdasanintelektualdenganprestasibelajarmatematikadengantingkatsignifikansisebesar0,259; (2) adahubungan yang signifikanantarakecerdasanemosionaldenganprestasibelajarmatematikadengantingkatsignifikansisebesar 0,230; (3) adahubungan yang signifikanantarakecerdasanintelektualdankecerdasanemosionalterhadapprestasibelajarmatematikadengantingkatsignifikansisebesar0,324.
Dari hasilpenelitiandanpembahasandiperolehbahwakecerdasanintelektualdankecerdasanemosionalmemilikihubungan yang signifikandenganprestasibelajarmatematikapadapesertadidikkelas VIII SMP Negeri se-kotaTegaltahunpelajaran 2012/2013.Diharapkan guru dapatterusmemanfaatkankecerdasanintelektualpesertadidikdanmengasahkecerdasanemosionalpesertadidik demi memaksimalkanprestasibelajarmetematikapesertadidik.
1709501220 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain