Skripsi
ANALISIS BALANCEDSCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN PADA PT. BARATA INDONESIA (PERSERO) TEGAL
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis balanced scorecardpada PT. Barata Indonesia (Persero) Tegal.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan ini adalah seluruh karyawan dan pelanggan PT. Barata Indonesia (Persero) Tegal. Sampel pada penelitian ini adalah 30 untuk karyawan dan 30 untuk pelanggan. Untuk menguji kinerja perusahaan berdasarkan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Dari hasil perhitungan keempat perspektif balanced scorecarddapat diketahui persentase kinerja yang dicapai PT. Barata Indonesia (Persero) Tegal adalah sebesar 80% dari tolok ukur yang digunakan untuk melakukan pengukuran kinerja perusahaan sangat baik. Hal ini ditunjukan pada perspektif keuangan periode 2010 dan 2011, ROA meningkat 2,96%, NPM meningkat 4,24% dan TATO menurun 29,08 kali. Pada perspektif pelanggan, retensi pelanggan meningkat 0,69%, akuisisi pelanggan meningkat 2,67% dan kepuasan pelanggan mencapai 671 point. Pada perspektif proses bisnis internal, proses inovasi mencapai 222 point dan penerapan Automatic Management System (AMS)yang merupakan Sistem Informasi Akuntansi yang digunakan PT. Barata Indonesia (Persero) Tegal sebagai penunjang proses pelayanan bagi pelanggan dan karyawan. Pada perspektif pembelajaran dan petumbuhan, pelatihan karyawan meningkat 2,65% dan kepuasan pelanggan mencapai 1.405 point.
Kata Kunci: Balanced Scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
04309500756 | NUR a | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain