Skripsi
PENGARUH PELAYANAN DAN HARGA TIKET TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KERETA API CIREKS DI STASIUN BESAR TEGAL
Tujuan penelitian ini adalah, 1. Untuk menganalisis pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Kereta Api Cireks di Stasiun Besar Tegal, 2. Untuk menganalisis pengaruh harga tiket terhadap kepuasan pelanggan pada Kereta Api Cireks di Stasiun Besar Tegal, 3. Untuk menganalisis pengaruh pelayanan dan harga tiket terhadap kepuasan pelanggan pada Kereta Api Cireks di Stasiun Besar Tegal.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Kereta Api Cireks di Stasiun Besar Tegal, diduga harga tiket mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Kereta Api Cireks di Stasiun Besar Tegal dan diduga pelayanan dan harga tiket mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Kereta Api Cireks di Stasiun Besar Tegal,
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis korelasi rank spearman, uji signifikansi koefisien korelasi, analisis korelasi berganda, uji signifikansi korelasi berganda, analisis koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil perhitungan korelasi rank spearman pelayanan dan kepuasan pelanggan diperoleh hasil korelasi sebesar 0,507, artinya hubungan antara pelayanan dan kepuasan pelanggan tergolong cukup. Dari perhitungan korelasi rank spearman harga tiket dan kepuasan pelanggan diperoleh hasil 0,434, artinya hubungan antara harga tiket dan kepuasan pelanggan tergolong cukup. Dari hasil perhitungan korelasi rank spearman pelayanan dan kepuasan pelanggan diperoleh nilai signifikansi 0,000 artinya ada hubungan yang signifikan antara pelayanan dan kepuasan pelanggan. Dari hasil perhitungan korelasi rank spearman harga tiket dan kepuasan pelanggan diperoleh nilai signifikansi 0,000 artinya ada hubungan yang signifikan antara harga tiket dan kepuasan pelanggan. Dari hasil nilai R sebesar 0,484, artinya hubungan pelayanan dan harga tiket berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan tergolong cukup.dari hasil perhitungan uji signifikansi koefisien korelasi berganda, didapat nilai signifikansi 0,000 < 0,005 artinya terdapat hubungan yang signifikan pelayanan dan harga tiket berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan. Besarnya koefisien determinasi yaitu 0,235 artinya total variasi kepuasan pelanggan yang dijelaskan model hubungan antara variable kepuasan pelanggan dengan variable pelayanan dan harga tiket sebesar 23,5%, sedangkan 76,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak bisa dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Pelayanan, Harga Tiket dan Kepuasan Pelanggan
04109503007 | MUH p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain