Skripsi
PENGARUH BIAYA IKLAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK PT. TIRTA KENCANA TATA WARNA CABANG TEGAL
Tujuan penelitian adalah untuk untuk mengetahui pengaruh biaya iklan terhadap volume penjualan produk PT. Tirta Kencana Tata Warna Cabang Tegal.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Sedangkan metode analisis data yang digunakan metode analisis regresi linear, uji signifikansi koefisien regresi (Uji β), koefisien korelasi dan uji signifikansi koefisien korelasi dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh persamaan Ŷ= -19.077.748.278 + 95,155 X. Artinya bahwa nilai a (konstanta) sebesar -19.077.748.278 dapat diartikan bahwa jika tidak ada biaya periklanan maka penjualan produk pada sebesar Rp. -19.077.748.278. Koefisien regresi biaya periklanan sebesar 95,155 dan bertanda positif, menyatakan bahwa setiap penambahan Rp. 1,- biaya periklanan diharapkan akan meningkatkan penjualan produk pada sebesar Rp. 95,155. Dari hasil perhitungan analisis regresi linier didapat nilai standardized coefficient beta sebesar 0,961, dengan probabilitas nilai sig sebesar 0,009. artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya periklanan terhadap penjualan. Nilai standardized coefficients beta sebesar 0,961 berarti biaya periklanan mempunyai pengaruh terhadap penjualan produk dengan signifikasi sebesar 96,1%. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi biaya periklanan dengan penjualan produk didapat korelasi sebesar 0,961. Hal itu dapat diartikan hubungan antara biaya periklanan dengan penjualan produk tergolong sangat kuat. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai sig. 0,009 < 0,005 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara biaya periklanan dengan penjualan produk. Dari hasil perhitungan diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,923 atau sebesar 92,3%. Ini berarti bahwa meningkatnya atau menurunnya penjualan produk 92,3% dapat dijelaskan oleh biaya periklanan melalui hubungan linier Ŷ = -19.077.748.278 + 95,155X sisanya ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak bisa dijelaskan.
04109503039 | MAN p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain