Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap Pada Pokok Bahasan Geometri dan Pengukurannya di SMP Negeri 4 Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Prestasi Belajar Matematika, Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing,
Materi geometri dan pengukuranmerupakan salah satu materi yang nilainya rendah dibandingkan dengan materi lainnya pada siswa SMP Negeri 4 Ampelgading Kabupaten Pemalang, sehingga peneliti ingin membantu siswa dengan menggunakan metode metode snowball throwingkarena dapat melatih siswa untuk berinteraksi dengan siswa lain sehingga lebih efektif dibandingkan dengan yang menggunakan metode Konvensional pada materi geometri dan pengukuran di SMP Negeri 4 Ampelgading Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode snowball throwing, variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Ampelgading kabupaten Pemalang serta terdapat variabel pengiringnya yaitu IQ. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pillihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji Anakova, yang sebelumnya telah diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitiandiperoleh dari prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan metodesnowball throwing lebih efektif dibandingkan dengan yang menggunakan metode Konvensional pada materi geometri dan pengukuran di SMP Negeri 4 Ampelgading kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 72,41 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 70,9.
01709501283 | INA k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain