Skripsi
HUBUNGAN KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X SEMESTER II SMA NU TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Karakteristik kepribadian siswa dan Prestasi belajar
Kegiatan pembelajaran perlu memperhatikan karakteristik kepribadian siswa yang dimungkinkan mempengaruhi prestasi belajarnya, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat keberhasilan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X semester II SMA NU Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013? (2) Apakah ada hubungan karakteristik kepribadian siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X semester II SMA NU Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa dan untuk menguji ada tidaknya hubungan yang signifikan dari karakteristik kepribadian siswa dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X semester II SMA NU Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013.
Berdasarkan landasan teori Sugiyono (2010: 6), penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data penelitian menggunakan metode dokumentasi, angket, dan tes. Teknik penentuan responden menggunakan penelitian populasi karena jumlah populasinya sedikit yaitu 40 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik yaitu uji korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hubungan karakteristik kepribadian siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X Semester II SMA NU Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 hasil korelasi kedua variabel dengan menggunakan rumus korelasi product moment, diperoleh nilai rxy = 0,832. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan jumlah sampel (N) = 40 pada taraf signifikan 1% sebesar 0,403 ternyata nilai rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0,832 > 0,403. Jadi simpulanya adalah adanya hubungan yang signifikan antara karakteristik kepribadian siswa dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X Semester II SMA NU Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah baik sekolah, guru dan siswa, diharapkan penelitian ini dapat menjadi wacana yang bermanfaat untuk meningkatkan prestasi belajar siswa serta meningkatkan kinerja guru.
01209500781 | AGU h | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain