Skripsi
PROFESIONALISME GURU PKn DALAM MENANGGULANGI PERILAKU KENAKALAN REMAJA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BODEH KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Profesionalisme Guru PKn dan Kenakalan Remaja
Guru PKn memiliki peranan penting dalam pembentukan warga Negara Indonesia yang baik karena secara langsung berinteraksi dengan siswa pada saat proses pembelajaran, selain itu guru PKn di tuntut bukan hanya sebagai pemberi materi pelajaran saja, tetapi juga bertanggung jawab terhadap pembinaan moral dan perilaku siswa, sesuai dengan nilai, moral, dan norma yang berlaku di masyarakat sehinggga akan terbentuk warga Negara yang baik.
Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Apa saja bentuk-bentuk kenakalan remaja siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bodeh Kabupaten Pemalang? (2) Bagaimana upaya guru PKn dalam menanggulangi masalah perilaku kenakalan remaja tersebut? (3) Apa saja faktor penghambat yang ditemui dalam menanggulangi masalah-masalah perilaku kenakalan remaja tersebut?
Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang profesionalisme guru PKn dalam menanggulangi masalah perilaku kenakalan remaja di sekolah.
Berdasarkan landasan teori Sugiyono (2009: 7-8), penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan responden menggunakan porpusive sample.
Berdasarkan hasil penelitian 1) Bentuk kenakalan yang terjadi disekolah adalah terlambat, pakaian seragam tidak sesuai aturan, rambut gondrong untuk siswa laki-laki, bolos tanpa alasan dan merokok. 2) upaya yang dilakukan oleh guru diantaranya melalui melalui pemberian tugas, sering berdiskusi kepada siswa, memberikan ajaran agama kepada siswa, dan bekerjasama dengan semua elemen yang ada di sekolah antara lain adalah semua guru mata pelajaran, guru BK dan orang tua siswa. 3) faktor penghambat yang dihadapi oleh guru PKn antara lain kurangnya koordinasi antara wali kelas dan guru PKn, kurangnya pengawasan dari orang tua, pengaruh pergaulan, pengaruh teman sebaya, dan kondisi siswa yang tertutup terhadap guru. Semua kenakalan remaja disekolah tersebut sudah dapat ditanggulangi dengan sangat baik, hal itu di tandai dengan berkurangnya jumlah kenakalan yang terjadi di SMA Negeri I Bodeh.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah baik sekolah, guru dan siswa, diharapkan penelitian ini dapat menjadi wacana yang bermanfaat untuk menanggulangi kenakalan remaja yang dilakukan siswa serta meningkatkan kinerja guru untuk lebih aktif dalam menanggulangi kenakalan remaja.
01209500836 | IAN p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain