Skripsi
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SEBAGAI LABORATORIUM PENGEMBANGAN DISIPLIN SISWA DI SMK PGRI 3 RANDUDONGKAL
Kata Kunci : Disiplin, Kegiatan Pramuka.
Kesadaran untuk menanamkan kedisiplinan siswa dapat ditumbuhkan dengan kegiatan-kegiatan yang positif melalui kegiatan ekstrakurikuler sekolah salah satunya kegiatan kepramukaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan program ekstrakurikuler pramuka di SMK PGRI 3 Randudongkal, (2) bagaimana tingkat kedisiplinan siswa di SMK PGRI 3 Randudongkal , (3) bagaimana peranan program ekstrakurikuler pramuka di SMK PGRI 3 Randudongkal dalam membina kedisiplinan siswa, (4) faktor-faktor pendukung dan kendala apa yang mempengaruhi program ekstrakurikuler pramuka dalam membina kedisiplinan siswa di SMK PGRI 3 Randudongkal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan program ekstrakurikuler pramuka di SMK PGRI 3 Randudongkal, (2) mengetahui tingkat kedisiplinan siswa di SMK PGRI 3 Randudongkal, (3) mengetahui peranan program ekstrakurikuler pramuka di SMK PGRI 3 Randudongkal, (4) mengetahui faktor-faktor pendukung dan kendala yang mempengaruhi program ekstrakurikuler pramuka dalam membina kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penanaman kedisiplinan melalui kegiatan kepramukaan di SMK PGRI 3 Randudongkal sudah diterapkan. Penanaman kedisiplinan dilaksanakan melalui metode yang digunakan dalam bentuk-bentuk kegiatan kepramukaan. Penanaman kedisiplinan dilaksanakan melalui metode yang digunakan dan bentuk-bentuk kegiatan kepramukaan. Faktor penunjang internal meliputi: (1) pembina pramuka, (2) dukungan sekolah, (3) minat siswa, sedangkan faktor penunjang eksternal meliputi: (1) dukungan orangtua dan masyarakat. Faktor yang menghambat meliputi: (1) siswa (peserta pramuka), (2) dewan ambalan, (3) pengaruh teman. Cara mengatasi hambatan meliputi: (1) komitmen dari anggota, (2) komunikasi, (3) sanksi yang tegas. Ada keterkaitan antara penanaman kedisiplinan melalui kegiatan kepramukaan meliputi: (1) tata tertib sekolah, (2) kegiatan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penanaman kedisiplinan sudah diterapkan dan ada keterkaitannya melalui kegiatan kepramukaan di SMK PGRI 3 Randudongkal.
01209500801 | RIR k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain