Penelitian
Analisis Sensitivitas Etis Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal
Guru wajib untuk menjaga standar perilaku etis tertinggi mereka kepada organisasi di mana mereka bernaung, profesi mereka, masyarakat, dan diri mereka sendiri. Integritas dan kualitas etis seorang guru merupakan kualitas personal yang paling penting. Ketika perilaku etis hilang dari dalam diri guru, maka kredibilitas profesi guru ada dalam bahaya. Penelitian tentang sensitivitas etis pada mahasisiwa program studi kependidikan sangat jarang dilakukan, padahal program studi kependidikan dalam hal ini program studi pendidikan ekonomi bertujuan menciptakan pendidik/guru yang profesional di bidang ekonomi.
Tujuan yang ingin dicapai dengan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan sensitivitas etis pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP-Universitas Pancasakti Tegal berdasarkan jenis kelamin dan berdasarkan kelompok semester.
Sampel untuk penelitian ini adalah sebagian mahasiswa program studi pendidikan ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode non probability dengan purposive sampling dengan kriteria mahasiswa pendidikan ekonomi semester akhir dan awal. Analisis data penelitian menggunakan analisis Independent Samples T-Test. Pengujian melalui signifikansi t-value adalah membandingkan signifikansi t–value (t hitung) dengan probabilitas 5%.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan sensitivitas etis secara signifikan antara mahasiswa pria dan wanita pada Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pancasakti Tingkat sensitivitas etis pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pancasakti Tegal wanita lebih baik dibandingkan sensitivitas etis pada mahasiswa pria. Perbedaan sensitivitas etis secara signifikan juga terbukti pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pancasakti Tegal semester awal dan akhir. Tingkat sensitivitas etis pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pancasakti Tegal semester akhir lebih baik dibandingkan sensitivitas etis pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pancasakti Tegal semester awal.
Saran dari penelitian ini adalah bahwa cakupan etika dalam mata kuliah Pendidikan Ekonomi sangat penting. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan sensitivitas etis antara mahasiswa Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pancasakti Tegal semester awal yang belum memperoleh cakupan etika dalam mata kuliahnya dibandingkan mahasiswa Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pancasakti Tegal semester akhir yang telah mengambil mata kuliah bermuatan etika sehingga lebih etis dibandingkan yuniornya.
Kata kunci : Sensitivitas Etis, Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
392013PEN | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain