Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERKEMBANGAN HUBUNGAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 1 SURADADI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok dan Perkembangan Hubungan Sosial Peserta Didik
Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian adalah bagaimana Perkembangan Hubungan Sosial Peserta Didik di SMP N 1 Suradadi Kabupaten Tegal sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok. Bagaimana Perkembangan Hubungan Sosial Peserta Didik di SMP N 1 Suradadi Kabupaten Tegal setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Permasalahan yang mendasar adalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 sebelum dan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok.
Tujuan penelitian adalah : Untuk memperoleh Perkembangan Hubungan Sosial Peserta Didik di SMP N 1 Suradadi Kabupaten Tegal sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok. Perkembangan Hubungan Sosial Peserta Didik di SMP N 1 Suradadi Kabupaten Tegal setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Perkembangan Hubungan Sosial Peserta Didik di SMP N 1 Suradadi Kabupaten Tegal sebelum dan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok”.
Dalam penelitian, jumlah populasi adalah 342 peserta didik, untuk sampel penelitian 25% dari jumlah populasi dan diperoleh sebanyak 50 peserta didik yang akan dijadikan sebagai sampel dengan menggunakan teknik propotional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode utama, dan wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif prosentase dan pearson product moment.
Dari hasil perhitungan data penelitian dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment maka dapat diketahui bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara layanan bimbingan kelompok terhadap perkembangan hubungan sosial pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012/2013’’. Dari hasil perhitungan diatas menghasilkan nilai rhitung = 0,763 setelah dikonsultasikan dengan rtabel taraf signifikan 1% dan N 50 = 0,361. Maka rhitung (0,763) > rtabel (0,361) (TS 1%).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah kami lakukan, maka penulis mengajukan saran-saran yaitu : Kepada sekolah agar dapat memberikan sarana dan fasilitas yang memadai sehingga akan membantu kinerja guru BK di sekolah. Kepada guru Bimbingan dan konseling (BK) disekolah dalam memberikan layanan kelompok untuk tidak pandang pilih. Bagi peserta didik bisa memanfaatkan layanan bimbingan kelompok untuk dapat menyelesaikan masalahnya secara bersama – sama, dan dapat bertukar pikir dengan yang lain. Dan kepada orang tua agar dapat ikut serta mendukung dan bekerja sama dengan pihak sekolah dalam mengawasi dan membimbing anaknya dirumah.
01107500636 | PAT p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain