Skripsi
KINERJA GURU BK DALAM MENGEMBANGKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMK BHAKTI PRAJA TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata kunci : Kinerja Guru BK, Disiplin Belajar
Latar belakang dalam penelitian ini didasari dari keberhasilan pendidikan sebagian besar ditentukan oleh kinerja guru BK dalam dunia pendidikan adalah prioritas, guru memikul tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan. Disiplin belajar penting diterapkan di Sekolah oleh guru BK karena disiplin merupakan pengaruh yang dirancang untuk membantu peserta didik mampu menghadapi lingkungan.
Berangkat dari wacana tersebut di atas, maka penulis melakukan penelitian pada objek tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Ingin mengetahui kinerja guru Bk pada peserta didik Kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. 2) Ingin mengetahui pengembangan disiplin belajar pada peserta didik Kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. 3) Ingin mengetahui pengaruh kinerja guru BK dalam mengembangkan disiplin belajar peserta didik Kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode non eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal berjumlah 149 peserta didik dari 5 kelas, yang terdiri dari peserta didik laki-laki 19 dan peserta didik perempuan 130. Sampel dalam penelitian ini adalah 29 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif presentase dan rumus korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diketahui adanya kinerja guru BK dalam mengembangkan disiplin belajar peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 yang diperoleh nilai r = 0,674, hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan jumlah responden (N) = 29 taraf signifikan 5 % ternyata nilai r lebih besar dari rtabel yaitu 0,674 > 0,367. Sehingga hipotesis kerja (Ha) diterima yang menyatakan “kinerja guru Bk berperan dalam mengembangkan disiplin belajar peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2012/2013”.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah Kinerja guru BK yang baik dapat mengendalikan peserta didik untuk dapat berubah terutama dalam kedisiplinan. kepala Sekolah harus selalu memperhatikan kinerja guru BK untuk mempertahankan keprofesionalanya sebagai tenaga pendidik. Kinerja guru BK dapat didukung sepenuhnya dalam mengembangkan kedisiplinan di sekolah, terutama disiplin belajar peserta didik.
01109501195 | AGU k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain