Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNA RUNGU PADA SEKOLAH LUAR BIASA TIBE B KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Efektifitas, layanan konseling individu, kepercayaan diri, peserta didik berkebutuhan khusus, dan tuna rungu.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya salah satu karakter anak tuna rungu diantaranya memiliki sifat kurang percaya diri. Padahal salah satu kunci suksesnya pembelajaran manakala semua pihak yang terkait memiliki rasa kepercayaan diri yang sesuai kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan konseling individu dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik berkebutuhan khusus tuna rungu Sekolah Luar Biasa Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian berjumlah 26 peserta didik, karena subjek yang diambil kurang dari 100 maka sampel yang diambil adalah semua peserta didik kelas B yang memiliki rasa kurang percaya diri yaitu 26 peserta didik. Variabel penelitian adalah layanan konseling individu sebagai variabel bebas dan kepercayaan diri peserta didik berkebutuhan khusus tuna rungu sebagai variabel terikat. Pengumpulan data digunakan angket, obsevasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji dengan menggunakan uji validitas korelasi product moment dan uji reliabilitas spearman brown. Guna menjawab hipotesis, analisis data yang digunakan analisis deskriptif prosentase dan analisis uji perbedaan yaitu uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan kepercayaan diri peserta didik sebelum layanan konseling individu tergolong dalam kategori rendah (30,77%). Sedangkan kepercayaan diri peserta didik setelah layanan konseling individu tergolong dalam kategori cukup (23,08%). Selanjutnya layanan konseling individu tergolong dalam kategori cukup (26,92%). Berdasarkan data hasil perhitungan uji-t, diperoleh thitung sebesar 3,933 dan ttabel dengan derajat kebebasan (dk) 26-1 = 25, dan pada taraf signifikansi 5% didapat ttabel sebesar 2,060 yang berarti thitung lebih besar dari ttabel (3,933 > 2,060). Maka hipotesis penelitian (Ho) dinyatakan ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima
Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat efektifitas layanan konseling individu dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik berkebutuhan khusus tuna rungu pada SLB Negeri Kota Tegal tahun pelajaran 2012/2013. Kepercayaan diri peserta didik berkebutuhan khusus tuna rungu meningkat setelah layanan konseling individu yaitu dari kategori rendah (30,77%) meningkat menjadi kategori cukup (23,08%). Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan hendaknya pihak sekolah dapat memprogramkan layanan konseling individu dalam program layanan bimbingan dan konseling, karena dengan adanya konseling individu diharapkan menciptakan kepercayaan diri yang tinggi pada peserta didik dengan dimilikinya kepercayaan diri secara tidak langsung dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
01109501332 | SUS e | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain