Skripsi
PENGARUH KEPUTUSAN KARIR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 3 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Pengaruh, keputusan karir, kemandirian belajar dan peserta didik.
Penelitian dilatarbelakangi adanya peserta didik yang mengalami kesulitan untuk mengambil keputusan dalam menentukan alternatif yang mana harus peserta didik pilih, padahal dengan adanya gambaran karir yang akan dipilih peserta didik dapat menumbuhkan kemandirian belajar dalam diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengambilan keputusan karir dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Petarukan, Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 300 orang, sampel diambil 10% dengan perimbangan masing-masing kelas yaitu 32 peserta didik. Variabel bebas penelitian yaitu keputusan karir dan variabel terikatnya yaitu kemandirian belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan: kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket diuji dengan menggunakan uji validitas korelasi product moment dan uji reliabilitas spearman brown. Untuk menjawab hipotesis, analisis data yang digunakan analisis deskriptif prosentase dan analisis statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukan keputusan karir peserta didik dari 32 sampel diketahui: kategori sangat rendah 3 responden (9,38%), rendah 1 responden (3,13%), cukup 8 responden (25,00%), sedang 12 responden (37,50%), tinggi 4 responden (12,50%), dan sangat tinggi 4 responden (12,50%). Data tersebut menunjukkan keputusan karir peserta didik tergolong dalam kategori sedang (37,50%). Sedangkan lemandirian belajar peserta didik dari 32 sampel diketahui: kategori sangat rendah 1 responden (3,13%), rendah 1 responden (3,13%), cukup 1 responden (3,13%), sedang 5 responden (15,63%), tinggi 18 responden (56,25%), dan sangat tinggi 6 responden (18,75%). Data tersebut menunjukkan kemandirian belajar peserta didik tergolong dalam kategori tinggi (56,25%). Berdasarkan hasil analisis statistik korelasi diperoleh rxy = 0,704, untuk n = 32 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,349, maka rxy > rtabel atau 0,704 > 0,349 sehingga Ho dinyatakan ditolak dan Ha dinyatakan diterima.
Simpulan dari penelitian ada pengaruh yang signifikan keputusan karir terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Petarukan Kabupaten Pemalang tahun peljaran 2012/2013. Besarnya pengaruh keputusan karir terhadap kemandirian belajar peserta didik adalah 49,52%. Saran dari penulis diharapkan guru pembimbing dapat lebih meningkatkan program layanan bimbingan karir guna pengarahan dan pemahaman tentang pentingnya keputusan karir dalam meningkatkan motivasi peserta didik untuk memperoleh karir yang telah diputuskan.
01109501242 | ART p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain