Skripsi
PENGARUH KECANDUAN GAME PLAYSTATION TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 03 AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Pengaruh, kecanduan game PlayStation, dan perkembangan psikologis
Penelitian dilatarbelakangi adanya anggapan game PlayStation mejadi faktor berubahnya psikologis peserta didik, sementara itu peserta didik merupakan salah satu golongan yang menjadi konsumen setia game Playstation dari masa ke masa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecanduan game PlayStation peserta didik, dan perkembangan psikologis peserta didik serta untuk mengetahui pengaruh kecanduan game Playstation terhadap perkembangan psikologis peserta didik kelas VIII SMP N 03 Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2012/2013.
Populasi penelitian berjumlah 106 peserta didik, sampel diambil 20% dengan perimbangan masing-masing kelas (proporsional random sampling) diperoleh 21 peserta didik. Sebagi variabel bebas penelitian adalah game PlayStation dan sebagai variabel terikatnya adalah perkembangan psikologis peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan: angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus belah dua dari spearman brown. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif prosentase dan analisis statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian dari analisis deskriptif variabel X, diketahui kecanduan game PlayStation peserta didik diwakili 21 sampel meliputi: kategori sangat rendah 1 responden (4,76%), rendah 2 responden (9,52%), cukup 9 responden (42,86%), sedang 5 responden (23,91%), tinggi 2 responden (9,52%), dan sangat tinggi 2 responden (9,52%). Kondisi tersebut menunjukkan tingkat kecanduan PlayStation peserta didik dalam kategori cukup (42,86%). Analisis deskriptif variabel Y, diketahui perkembangan psikologis peserta didik diwakili 21 sampel, meliputi: kategori sangat rendah 3 responden (14,29%), cukup 7 responden (33,33%), sedang 7 responden (33,33%), tinggi 3 responden (14,29%), dan sangat tinggi 1 responden (4,76%). Kondisi tersebut menunjukkan tingkat perkembangan psikologis peserta didik termasuk dalam kategori cukup dan sedang, (33,33%) Berdasarkan hasil analisis statistik korelasi diperoleh rxy = 0,549 dengan n = 21 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,433, karena rxy > rtabel atau 0,549 > 0,433, maka hipotesis nihil (Ho) dinyatakan ditolak dan hpotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima.
Dengan demikian dapat penulis simpulkan ada pengaruh negatif game Playstation terhadap perkembangan psikologi peserta didik kelas VIII SMP N 03 Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan peserta didik dapat mengontrol emosinya dalam game PlayStation, alangkah baiknya jika dapat mengurangi game PlayStation karena lebih banyak mengandung dampak negatifnya daripada dampak positifnya.
01109501227 | SYA p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain