Skripsi
PERAN BIMBINGAN KELUARGA DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS ASY-SYAFI’IYAH KARANGASEM KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: peran, bimbingan keluarga, peningkatan, dan prestasi belajar.
Keluarga merupakan lembaga sosial yang paling kecil yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak. Salah satu fungsi keluarga memberikan pendidikan yang terbaik yaitu pendidikan yang dapat mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh anak-anaknya. Tidak sedikit prestasi belajar peserta didik menurun akibat peserta didik kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektifan peran bimbingan keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTS Asy-syafi’iyah Karangasem kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian berjumlah 171 peserta didik, sampel diambil sebesar 15% dari populasi yaitu 25 peserta didik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah peran bimbingan keluarga, variabel terikatnya adalah prestasi belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji validititas insrumen digunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus sperman brown. Guna menjawab hipotesis, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif prosentase dan analisis statistik korelasi product moment.
Hasil analisis deskriptif variabel X menunjukkan layanan bimbingan keluarga tergolong dalam kategori sedang (28%), yang ditunjukkan dari deskripsi dari 25 sampel penelitian meliputi: kategori sangat rendah 4 responden (16%), kategori rendah 3 responden (12%), kategori cukup 4 responden (16%), kategori sedang 7 responden (28%), kategori tinggi 3 responden (12%), dan kategori sangat tinggi 4 responden (16%). Sedangkan hasil analisis deskriptif variabel Y menunjukkan prestasi belajar peserta tergolong dalam kategori cukup (28%) yang ditunjukkan dari deskripsi dari 25 sampel penelitian meliputi: kategori sangat rendah 6 responden (24%), kategori rendah 5 responden (20%), kategori cukup 7 responden (28%), kategori sedang 5 responden (20%), dan kategori sangat tinggi 2 responden (8%). Hasil perhitungan analisis statistik korelasi diperoleh rxy = 0,931, dengan n = 25 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,396, karena rxy > rtabel atau 0,931 > 0,396, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) diterima.
Dengan demikian dapat penulis simpulkan terdapat peran bimbingan keluarga dalam peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTS Asy-Syafi’iyah Karangasem Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran yang dapat penulis sampaikan hendaknya guru pembimbing sudah seharusnya melaksanakan program bimbingan keluarga dengan maksimal sejalan karena prestasi belajar peserta didik juga tidak lepas dari peranan keluarga, dengan adanya bimbingan keluarga peserta didik dapat mengerti dan memahami kondisi keluarganya.
01109501293 | RIS p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain