Skripsi
HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP FULLDAY SCHOOL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Persepsi terhadap fullday school, Motivasi belajar peserta didik.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persepsi terhadap fullday school yang belum maksimal dan banyaknya peserta didik yang kurang memahami tujuan dilaksanakannya program fullday school. Sehingga rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana persepsi peserta didik terhadap fullday school; (2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik; (3) Apakah ada hubungan antara persepsi peserta didik terhadap fullday school dengan motivasi belajar peserta didik, dengan tujuan (1) Untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap fullday school, (2) Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik, (3) Untuk mengetahui hubungan persepsi terhadap fullday school dengan motivasi belajar peserta didik.
Untuk mengungkap berbagai data yang peneliti lakukan maka harus didukung oleh kajian teoretis yaitu pengertian persepsi, peran persepsi terhadap fullday school, pengertian fullday school, pengertian motivasi belajar, macam-macam motivasi belajar.
Populasinya, peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013, sampel 32 orang yang diambil dengan teknik proposional random sampling. Data diambil menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan statistik Deskriptif Prosentase dan rumus Korelasi Pearson Product Moment.
Hasil analisis dapat disimpulkan Persepsi terhadap Fullday School pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah dalam kriteria baik sebanyak 12 peserta didik atau (37,5%). Motivasi belajar pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah dalam kriteria tinggi sebanyak 14 peserta didik atau (43,8%). Berdasarkan hasil perhitungan rhitung = 0,688 dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sempel N = 32 maka diperoleh r tabel = 0,349. Maka Ada hubungan yang signifikan antara persepsi peserta didik terhadap Fullday School dengan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Sehingga saran yang penulis ajukan yaitu Persepsi terhadap Fullday School yang baik diharapkan dapat diarahkan kepada peserta didik secara menyeluruh. Motivasi belajar yang tinggi dijadikan acuan sebagai contoh bagi guru dalam membimbing peserta didiknya.
01109501254 | DWI h | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain