Skripsi
PENGARUH BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN RELASI PERTEMANAN PADA PESERTA DIDIK YANG TERISOLIR KELAS VII SMP NEGERI 2 TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: bimbingan pribadi sosial, relasi pertemanan, dan peserta didik terisolir
Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya anak terisolir. Anak terisolir merupakan anak yang tidak mempunyai sahabat diantara teman sebayanya atau sepermainannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan bimbingan pribadi sosial terhadap peningkatan relasi pertemanan peserta didik yang terisolir.
Populasi dalam penelitian sebanyak 245 peserta didik, sampel diambil 18 peserta didik yang terisolir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, observasi, dokumentasi dan sosiometri, uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus sperman brown, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif prosentase dan analisis statistik korelasi product moment.
Analisis deskriptif variabel X dari hasil skor angket yang diperoleh dari 18 peserta didik terisolir yang menjadi subjek penelitian, dapat diketahui pelaksanaan bimbingan pribadi sosial di SMP Negeri 2 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 meliputi: kategori sangat rendah sebanyak 1 responden (5,56%), kategori sangat tinggi sebanyak 2 responden (11,11%), kategori rendah sebanyak 4 responden (22,22%), kategori tinggi sebanyak 5 responden (27,22%), dan kategori sedang sebanyak 6 responden (33,33%). Sedangkan analisis deskriptif variabel Y dari hasil skor angket yang diperoleh dari 18 peserta didik terisolir yang menjadi subjek penelitian, dapat diketahui peningkatan relasi pertemanan peserta didik kelas VII yang terisolir di SMP Negeri 2 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 meliputi: sangat rendah sebanyak 2 responden (11,11%), kategori rendah sebanyak 2 responden (11,11%), kategori sangat tinggi sebanyak 2 responden (11,11%), kategori tinggi sebanyak 5 responden (27,78%), dan kategori sedang sebanyak 7 responden (38,89%). Dari data tersebut diperoleh rxy = 0,712 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 18 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,468, maka rxy > rtabel atau 0,712 > 0,468 yang berarti hipotesis penelitian (Ha) diterima.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh pelaksanaan bimbingan pribadi sosial terhadap peningkatan relasi pertemanan pada peserta didik yang terisolir kelas VII SMP Negeri 2 Talang Kabupaten Tegal. Saran yang dapat penulis diharapkan guru pembimbing dapat lebih memaksimalkan pelaksanaan bimbingan pribadi sosial guna meningkatkan relasi pertemanan peserta didik.
01109501272 | LIS p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain