Skripsi
HUBUNGAN ANTARA BURNOUT (KEJENUHAN/KELELAHAN MENTAL) DAN KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Burnout/kejenuhan,kesiapan belajar,hasil belajar
Penelitian ini membahas bagaiamana tingkat burnout, kesiapan belajar, dan hasil belajar pada peserta didik SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara burnout, kesiapan belajar dan hasil belajar.
Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian berjumlah 145 peserta didik, dengan sampel 36 peserta didik. Teknik sampling menggunakan purposive random sampling, pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert, diuji validitas dan realibilitas alpha cornback. Analisis data menggunakan rumus produc moment.
Hasil penelitian ini menunjukan: (1) hubungan burnout dengan hasil belajar positif dan signifikan, yaitu dengan memperoleh rx1y = 0.418,N=36 df.0.05 diperoleh 0.329. karena rhitung > r tabel yaitu 0.418 > 0.329 berati menolak Ho dan menerima Ha: terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara burnout dan asil belajar.sumbangan efektif burnout terhadap hasil belajar sebesar 17,5%. (2) Hubungan kesiapan belajar dengan hasil belajar diperoleh rx2y 0.425.karena rhitung > rtabel, yaitu 0.425 > 0.329 berarti Ho ditolak, dan Ha diterima: terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar.sumbangan efektif kesiapan belajar terhadap hasil belajar 18,06%. (3) Hubungan antara burnout dan kesiapan belajar secara simultan dengan hasil belajar diperoleh rx1,2y = 0.441. karena fhitung > ftabel, yaitu 4.084 > 3.28. maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara burnout dan kesiapan belajar secara simultan dengan hasil belajar. Sumbangan efektif variabel burnout dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar sebesar 19,5%. Hasil penelitian ini belum mampu membahas permasalahan secara tuntas. Masih banyak permasalahan kejuhan belajar dan kesiapan belajar yang perlu dipecahkan melalui penelitian. Terutama bagaimana peningktan hasil belajar peserta didik SMA PGRI 1 Taman pemalang.
01110500238 | SAL h | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain