Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP PILIHAN KARIR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Pengaruh, layanan bimbingan karir, pilihan karir, peserta didik.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan tidak sedikit peserta didik setelah lulus SMA merasa bingung untuk memilih karir ke depannya. Apakah mereka akan melanjutkan studi keperguruan tinggi, memilih untuk bekerja atau berkeluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan karir terhadap pilihan karir pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian berjumlah 272 yang terdiri dari 8 kelas, sampel yang diambil sebesar 15% dari populasi sebanyak 41 siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu layanan bimbingan belajar sebagai variabel bebas dan pilihan karir peserta didik sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk menguji instrumen penelitian dengan menggunakan uji validitas korelasi product moment dan uji reliabilitas spearman brown. Guna menjawab hipotesis, analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif prosentase dan analisis statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian analisis deskriptif variabel X, dari 41 peserta didik sampel penelitian mendeskripsikan: kategori sangat rendah 1 responden (2,44%), kategori rendah 2 responden (4,88%), kategori kurang 8 responden (19,51%), kategori cukup 12 responden (29,27%), kategori sedang 15 responden (36,59%), kategori tinggi 1 responden (2,44%), dan kategori sangat tinggi 2 responden (4,88%). Kondisi tersebut menunjukkan pelaksanaan layanan bimbingan karir termasuk dalam kategori sedang (36,59%). Sedangkan analisis deskriptif variabel Y, dari 41 peserta didik sampel penelitian mendeskripsikan: kategori sangat rendah 9 responden (21,95%), kategori rendah 8 responden (19,51%), kategori kurang 8 responden (19,51%), kategori cukup 13 responden (31,71%), kategori sedang 2 responden (4,88%), kategori tinggi 0 responden (0,00%), dan kategori sangat tinggi 1 responden (2,44%). Kondisi tersebut menunjukkan pilihan karir peserta didik termasuk dalam kategori cukup (31,71%). Analisis statistik korelasi diperoleh rxy = 0,626, pada rtabel untuk n = 41 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,308, rxy > rtabel atau 0,626 > 0,308, maka hipotesis nihil (Ho) dinyatakan ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima.
Dengan demikian kesimpulannya ada pengaruh signifikan antara bimbingan karir terhadap pilihan karir peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013. Saran yang dapat disampaikan penulis diharapkan dapat meningkatkan dalam memberikan layanan bimbingan karir, karena dalam penelitian ini pelaksanaan layanan bimbingan karir masih dalam kategori sedang. Sehingga perlu adanya perbaikan-perbaikan layanan atau materi yang dapat diterima peserta didik.
01109501236 | AJI p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain