Penelitian
PEMBELAJARAN BERBASIS LIFE SKILL (STUDI EKSPLORATIF PEMBELAJARAN BERBASIS LIFE SKILL PADA PELAJARAN IPS SD DI KOTA TEGAL
Tujuan penelitian ini untuk menemukan pelaksanaan pembelajaran life skill bagi siswa dalam pelajaran IPS SD. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi pembelajaran IPS SD yang berjalan saat ini dan mendeskripsikan sarana prasarana dalam pelajaran IPS SD. Subyek penelitian ini adalah guru kelas V SD Negeri di wilayah Kota Tegal yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumen dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan teknik statistik deskriptif dengan prosentase. Hasil studi eksplorasi tentang kondisi pembelajaran IPS SD saat ini menunjukkan bawa (a) guru belum sepenuhnya merumuskan tujuan pembelajaran (96,9%), (b) guru belum merumuskan tujuan pembelajaran IPS SD dengan mengembangkan kecakapan hidup siswa (18,75%), (c) guru belum sepenuhnya memasukan life skill ke dalam rencana pembelajaran (9,38%), (d) guru belum sepenuhnya mengembangkan strategi pembelajaran denganaspek kecakapan hidup siswa (37,50%), (e) guru belum sepeunuhnya mengembangkan kecakapan hidup ke dalam proses pembelajaran (9,38%), (f) guru belum memasukan format kecakapan hidup ke dalam format penilaian (18,75%). Guru belum memasukan kecakapan hidup ke dalam lembar kerja siswa (25%), guru belum sepeuhnya mengembangkan alat ukur dengan kecakapan hidup siswa (31,25%). Di samping itu kondisi sarana dan prasarana dalam mendukung pembelajaran IPS SD saat ini menunjukkan bahwa (a) perpustakaan, laboratorium, dan taman sekolah (34,37%) belum memadai, Lebih dari separuh (53,12%) sudah memanfaatkan lingkungan masyarakat untuk menunjang kecakapan hidup siswa, memanfaatkan lingkungan industry rumah (56,25%) dan memanfaatkan lingkungan pertanian (65,63%).
572013PEN | 370 SUR p C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain