Skripsi
PENGARUH ORANG TUA NELAYAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ISLAM PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Pengaruh, orang tua nelayan, dan prestasi belajar.
Dalam keluarga, pekerjaan orang tua sangat berpengaruh terhadap keadaan sosial ekonomi keluarga. Penelitian ini dilatarbelakangi keluarga peserta didik SMP Islam Pemalang kebanyakan bekerja sebagai nelayan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pekerjaan orang tua nelayan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VII SMP Islam Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian adalah 36 peserta didik yang orang tuanya bekerja sebagai nelayan, karena populasi penelitian kurang dari 100 sehingga dalam penelitian merupakan penelitian populasi. Variabel dalam penelitian ini adalah orang tua nelayan sebagai variabel bebas dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Pengumpulan data digunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji dengan menggunakan uji validitas korelasi product moment dan uji reliabilitas spearman brown. Guna menjawab hipotesis, analisis data yang digunakan analisis deskriptif prosentase dan analisis statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan keadaan orang tua nelayan peserta didik diketahui: kategori sangat rendah 3 peserta didik (8,33%), rendah 4 peserta didik (11,11%), kurang 7 peserta didik (19,44%), cukup 8 peserta didik (22,22%), sedang 9 peserta didik (25,00%), tinggi 2 peserta didik (5,56%), dan sangat tinggi 3 peserta didik (8,33%). Kondisi tersebut menunjukkan keadaan orang tua nelayan peserta didik tergolong dalam kategori sedang (25,00%). Sedangkan prestasi belajar peserta didik diketahui: kategori sangat rendah 3 peserta didik (8,33%), rendah 4 peserta didik (11,11%), kurang 8 peserta didik (22,22%), cukup 6 peserta didik (16,67%), sedang 11 peserta didik (30,56%), tinggi 4 peserta didik (11,11%), dan sangat tinggi 0 peserta didik (0,00%). Kondisi tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik tergolong dalam kategori sedang (30,56%). Hasil analisis statistik korelasi diperoleh rxy = 0,618, untuk n = 36 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,329, maka rxy > rtabel atau 0,618 > 0,329, sehingga hipotesis nihil (Ho) dinyatakan ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara pengaruh orang tua nelayan terhadap pretasi belajar, besarnya hubungan orang tua nelayan terhadap prestasi belajar peserta adalah 38,14% sedangkan 61,86% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis teliti. Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan guru pembimbing dapat memperhatikan faktor pekerjaan orang tua peserta didik dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik sehingga dapat ditempuh langkah-langkah untuk mengatasinya misalnya pemberian beasiswa.
01109501241 | ARI p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain