Skripsi
MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS ASY SYAFI’IYAH PECANGAKAN COMAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Kompetensi Sosial, Layanan Bimbingan Kelompok
Kompetensi sosial sebagai keefektifan dalam berinteraksi, hasil dari perilaku-perilaku teratur yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan pada masa perkembangan dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Bagi anak pra sekolah, perilaku yang menunjukkan kompetensi sosial berkisar pada tugas-tugas utama perkembangan yaitu menjalin ikatan positif dan self regulations selama berinteraksi dengan teman sebaya.
Permasalahannya adalah 1) Bagaimanakah kompetensi sosial peserta didik kelas VIII MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013?; 2) Bagaimanakah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok?; 3) Apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kompetensi sosial peserta didik. Tujuannya untuk mengetahui 1) kompetensi sosial peserta didik; 2) pelaksanaan layanan bimbingan kelompok; 3) peranan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kompetensi sosial peserta didik.
Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 60 peserta didik. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh populasi yang berjumlah 60 peserta didik, dengan demikian peneliti menggunakan tehnik Sampel Jenuh, yaitu teknik yang mengambil seluruh anggota populasi untuk di jadikan sampel. Teknik Pengumpulan data dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas dengan rumus pearson product moment. Try Out dilaksanakan pada 20 peserta didik di SMP PGRI 1 Ulujami dengan hasil 23 item angket variabel X valid dan 24 variabel Y valid sehingga yang tidak valid tidak digunakan pada penelitian. Reliabiltas menggunakan rumus alpha cronbath dengan hasil semuanya reliabel. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kompetensi sosial peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji hipotesis, ternyata rxy > rtabel pada taraf signifikansi 1% pada N = 60 taraf signifikansi 1% sebesar 0,330.Hasilnya adalah rxy > rtabel pada taraf signifikansi 1% atau 0,639 > 0,330., dengan kontribusi sebesar 40,83% yang diteliti dan 59,17% faktor-faktor lain yang tidak di teliti. Saran dalam penelitian ini hendaknya guru BK lebih memantapkan lagi program bimbingan kelompok dengan jumlah kelompok yang lebih banyak sehingga permasalahan pada peserta didik dapat diminimalisir.
01109501169 | YUN m | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain