Skripsi
EFEKTIFITAS PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI POSITIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI 3 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : bimbingan kelompok, konsep diri positif
Penelitian ini membahas bagaimana meningkatkan konsep diri positif pada peserta didik melalui bimbingan kelompok yang dilakukan secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh yang signifikan setelah diberikannya layanan bimbingan kelompok terhadap konsep diri positif.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP PGRI 3 Taman Pemalang, yang berjumlah 196 peserta didik dari 4 kelas di SMP PGRI 3 Taman Kabupaten Pemalang, sampel 10,2% dari jumlah populasi maka diperoleh sebanyak 20 responden peserta didik kelas VIII SMP PGRI 3 Taman Pemalang. Alat pengumpul data berupa angket, dokumentasi dan interview. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha, teknik analisis data menggunakan uji perbedaan mean (t-test).
Hasil penelitian menunjukan : hasil perolehan nilai pre-test pada layanan bimbingan kelompok, yang termasuk dalam kategori sangat tinggi sebanyak 1 peserta didik (5%) kategori tinggi sebanyak 3 peserta didik (15%) kategori sedang sebanyak 6 peserta didik (30%) dan kategori rendah sebanyak 10 peserta didik (50 %). Setelah diberikan treatment hasil perolehan post-test yang termasuk dalam kategori sangat tinggi sebanyak 3 peserta didik (15%) kategori tinggi sebanyak 17 peserta didik (85 %) kategori sedang sebanyak 0 peserta didik (0%) dan kategori rendah sebanyak 0 peserta didik (0%). Dari perolehan peserta didik di atas, sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok konsep diri positif peserta didik rendah. Ada peningkatan yang signifikan pada peserta didik pada konsep diri positif setelah diberikannya layanan bimbingan kelompok. Hasil analisis perhitungan t-test sebesar 6,736, derajat kebebasan 20 dengan taraf signifikan 1% = 2,528 dengan demikian thitung > ttabel atau 6,736 > 2,528, berada pada daerah penolakan Ho dan Ha diterima ini menunjukan adanya peningkatan yang signifikan konsep diri setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif sebagai upaya mengembangkan konsep diri positif peserta didik. Hendaknya guru pembimbing lebih banyak merencanakan pemberian layanan bimbingan kelompok untuk membentuk konsep diri positif peserta didik dan memotivasi peserta didik agar dapat memanfaatkan layanan bimbingan kelompok secara tepat.
01109501188 | WID e | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain