Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE DEPAK (DEMONSTRASI, PARTISIPATORI, DAN KOMUNIKASI) DALAM PEMBELAJARAN MENCERITAKAN TOKOH IDOLA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: metode depak (demonstrasi, partisipatori, dan komunikasi), keterampilan berbicara, pembelajaran menceritakan tokoh idola.
Pembelajaran menceritakan tokoh idola sangat penting diajarkan pada sekolah menengah pertama karena dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Agar pembelajaran dapat efektif, diciptakanlah metode pembelajaran yang diantaranya metode DEPAK (Demonstrasi, Partisipatori, dan Komunikasi).
Penulis mengkaji tiga masalah yaitu: (1) Bagaimanakah pembelajaran menceritakan tokoh idola pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sragi Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimanakah penggunaan metode DEPAK (Demonstrasi, Partisipatori, dan Komunikasi) dalam pembelajaran menceritakan tokoh idola pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sragi Kabupaten Pekalongan? (3) Bagaimanakah keefektifan metode DEPAK (Demonstrasi, Partisipatori, dan Komunikasi) dalam pembelajaran menceritakan tokoh idola pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sragi Kabupaten Pekalongan?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sumber data penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 2 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013. Data dalam penelitian ini berupa nilai pretes dan postes dalam pembelajaran menceritakan tokoh idola.
Berdasarkan hasil pretes nilai rata-rata siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 62. Pada postes nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat menjadi 77, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata siswa hanya 65. Hasil perhitungan pada uji t-independen diperoleh thitung sebesar 15,96 > ttabel 1,70. Sedangkan hasil uji t-non independen pada kelas eksperimen diperoleh thitung sebesar 26,44 > ttabel 1,70 dan hasil uji t-non independen pada kelas kontrol diperoleh thitung sebesar 5,42 > ttabel 1,70.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Perubahan sikap siswa yang aktif berpartisipasi, berkomunikasi, dan bersemangat. (2) Keterampilan berbicara siswa menjadi lebih baik dengan meningkatnya lafal, intonasi, kelancaran, ekspresi siswa saat menceritakan tokoh idola. (3) Penggunaan metode DEPAK (Demonstrasi, Partisipatori, dan Komunikasi) dalam pembelajaran menceritakan tokoh idola lebih efektif daripada metode klasik yang biasa dipakai oleh guru.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan metode DEPAK (Demonstrasi, Partisipatori, dan Komunikasi) dalam pembelajaran menceritakan tokoh idola dan kepada peneliti yang lain agar hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan pertimbangan untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut.
01509501328 | RIZ k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain