Skripsi
VALIDITAS DAN RELIABILITAS SOAL TES PILIHAN GANDA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI MODEL BABAKAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Kata Kunci: validitas, reliabilitas, tes pilihan ganda, dan bahasa Indonesia
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa tes sebagai alat evaluasi dalam pendidikan mempunyai peranan penting dalam mengukur prestasi hasil belajar siswa. Tes yang baik perlu memperhatikan validitas dan reliabilitasnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas dan reliabilitas soal tes pilihan ganda ulangan I pada siswa kelas VIII MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2011/2012.
Populasi pada penelitian ini berupa soal UTS (Ulangan Tengah Semester), UAS (Ulangan Akhir Semester), UN (Ujian Nasional), kemudian sampel yang diambil adalah soal UAS (Ulangan Akhir Semester) Bahasa Indonesia kelas VIII tahun Ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi bertujuan mencari data soal tes pilihan ganda ulangan akhir semester I pada siswa Kelas VIII MTs Negeri Model Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas instrumen, uji reliabilitas instrumen, uji daya beda instrumen dan uji tingkat kesukaran instrumen.
Hasil uji validitas diperoleh 37 item dinyatakan valid yaitu nomor item: 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25, 27, 28, 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36, 38, 39 dan 40 sedangkan 3 item lebihnya dinyatakan tidak valid yaitu nomor item: 6, 26, dan 37. Hasil uji reliabilitas instrumen diperoleh r1.1 = 0,902 kemudian dikonsultasikan pada rtabel dengan taraf signifikan 5% dan n = 38 diperoleh rtabel = 0,320 karena rxy > rtabel atau 0,902 > 0,320 maka Tes dinyatakan reliabel. Daya beda butir soal tes mempunyai kriteria daya beda yang beragam, diperoleh 19 butir soal dengan daya beda jelek, 15 butir soal dengan daya pembeda cukup dan 6 butir soal dengan daya pembeda baik. Sedangkan tingkat kesukaran soal tes juga mempunyai kriteria yang beragam, yaitu diperoleh 26 butir soal dikategorikan tingkat kesukaran soal mudah, 10 butir soal dikategorikan tingkat kesukaran soal sedang dan 4 butir soal dikategorikan tingkat kesukaran soal sukar.
Dengan demikian dapat penulis simpulkan bahwa Tes Ulangan Akhir Semester I tahun pelajaran 2011/2012 hampir dinyatakan semua soalnya layak digunakan sebagai instrumen untuk mengukur prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII karena hampir semua item tes memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas, serta mempunyai daya beda dan tingkat kesukaran yang beragam.
01508500985 | IRM v | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain