Skripsi
PENGGUNAAN KONJUNGSI KOORDINATIF DAN SUBORDINATIF DALAM BUKUTEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Kata Kunci: konjungsi koordinatif, konjungsi subordinatif dan buku Teks.
Konjungsi adalah kata yang menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, atau menghubungkan kalimat yang satu dengan kalimat yang lain dalam sebuah kalimat atau paragraf dalam sebuah wacana. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penggunaan konjungsi koordinatif dan subordinatif dalam buku teks bahasa Indonesia di SMA. bagaimanakah implikasi hasil penelitian dalam buku teks pelajaran bahasa indonesia SMA.
Sementara itu tujuan dari penelitian ini yaitu Mendeskripsikan pengguanaan konjungsi dalam buku teks pelajaran bahasa indonesia kelas X. Mengidentifikasi jenis konjungsi koordinatif dan subordinatif apa sajakah yang digunakan dalam buku teks pelajaran bahasa indonesia kelas X.Mendeskripsikan implikasi dalam buku teks pelajaran bahasa indonesia kelas X.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk memaparkan fungsi konjungsi serta jenis-jenisnya. Sumber datanya berupa buku teks. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan metode simak dengan teknik catat.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh data berikut meliputi: Konjungsi Koordinatif (dan, tetapi, atau, serta). Konjungsi Subordinatif atributif (yang). Konjungsi Subordinatif Penjelas (bahwa). Konjungsi Subordinatif cara (dengan). Konjungsi Subordinatif Pembanding (sebagai, seperti, daripada). Konjungsi Subordinatif Tujuan (agar). Konjungsi Subordinatif Syarat (jika). Konjungsi Subordinatif Waktu (sementara, sampai, selamasetelah).
Semoga hasil penelitian ini bisa dijadikan tolak ukur untuk penelitian lain yang mengkaji penggunaan konjungsi koordinatif dan subordinatif.
01509501332 | YUL p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain