Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE DRAMUTE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI EKSPRESIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : keefektifan metode dramute, pembelajaran keterampilan membaca puisi ekspresif.
Keterampilan membaca merupakan keterampilan yang penting bagi siswa. Membaca memberikan andil yang besar dalam nilai-nilai kehidupan, baik kehidupan dunia pendidikan maupun kehidupan kemasyarakatan. Oleh sebab itu, keberadaan membaca perlu diupayakan secara maksimal. Salah satu keterampilan membaca yaitu membaca puisi ekspresif. Metode dramute adalah metode yang mengabungkan kegiatan membaca puisi dengan dramatisasi, musikalisasi, dan teatrikalisasi. Metode dramute bertujuan untuk mengekspresikan bacaan puisi dengan gaya bahasa dan penghayatan sesuai dengan isi bacaan. Dengan pengunaan metode dramute diharapakan dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan serta menumbuhkan rasa cinta terhadap sastra.
Populasi penelitian ini dari hasil tes yang dilakukan pada sampel penelitian. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji t. Berdasarkan analisis t hitung = 6,56 dimana t tabel dengan derajat kebebasan (dk) 40+40-2=1,68 pada taraf signifikasi 0,05 harga t tabel 1,68. Perbandingan tersebut membuktikan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (6,56 > 1,68). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal yang diajar mengunakan metode Dramute mengalami perubahan sikap postif. Sehingga berpengaruf positif terhadap prestasi siswa yang lebih baik. Adapun perilaku postif yang timbul yaitu (1) siswa dapat melakukan pembelajaran secara aktif, kreatif, dan kolaboratif, (2) siswa dapat mengekspresikan perasaanya sehingga percaya diri, (3) dapat melatih sikap, nilai, dan keyakinan melalui kolaborasi ekspresi dalam gerak dan musik.
01509501162 | IND k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain