Skripsi
NILAI PENDIDIKAN ANAK DALAM NOVEL PINTU TERLARANG KARYA SEKAR AYU ASMARA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP
Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Anak dan Implikasinya bagi Pembelajaran Sastra di SMP.
Sastra dan tata nilai pendidikan adalah dua fenomena yang sangat penting dan saling melengkapi. Pelahiran sastra bersumber dari kehidupan yang bertatanilai dan pada gilirannya sastra juga akan memberikan sumbangan bagi terbentuknya tata nilai. Hal ini terjadi karena setiap cipta rasa yang dibuat dengan kesungguhan hati akan mengandung keterkaitan yang sangat kuat. Sehubungan dengan hal tersebut penulis ingin meneliti unsur pendidikan dari suatu novel yang berjudul “Pintu Terlarang” Karya Sekar Ayu Asmara. Masalah yang dikaji adalah (1) Bagaimana Nilai-nilai pendidikan anak yang terkandung dalam novel “Pintu Terlarang” karya Sekar Ayu Asmara? (2) Bagaimana Implikasinya bagi pembelajaran sastra di SMP?
Tujuan penelitian ini secara teoritis adalah untuk menerapkan teori dan metode serta pendekatkan sastra. Sejalan dengan permasalahan yang peneliti kaji maka tujuan dari penelitian ini ada dua yaitu (1) Mengetahui Nilai-nilai pendidikan anak yanng terkandung di dalam novel “Pintu Terlarang” karya Sekar Ayu Asmara, (2) mengetahui impllikasinya sebagai alternatif bagi pembelajaran sastra di SMP.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, yaitu metode yang menganalisis data secara logis dan sistematis sehingga menghasilkan data yang eksplisit. Data dari penelitian ini berupa teks wacana dalam novel “Pintu Terlarang” karya Sekar Ayu Asmara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara baca, catat dan teknik pustaka.
Hasil dari penelitian nilai-nilai pendidikan dalam novel Pintu Terlarang karya Sekar Ayu Asmara, terdapat nilai pendidikan yang terkandung di dalam novel tersebut (1) Nilai Pendidikan Meyakini nAdannya Tuhan Yanng Maha Esa 15% dengan 3 kutipan, (2) Nilai Pendidikan Moral 35% dengan 5 kutipan, (3) Nilai Pendidikan Kesabaran 25% dengan 4 kutipan, (4) Nilai Pendidikan Cinta dan Kasih Sayang 25% dengan 4 kutipan.
Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan terhadap Novel “Pintu Terlarang” karya Sekar Ayu Asmara dapat diimplikasikan dalam pembelajaran sastra di SMP terutama pada kelas VIII semester 2. Lewat pembelajaran tersebut diharapkan peserta didik dapat memahami nilai baik dan buruk dalam kehidupan, serta memberikan dampak positif pada kehidupan mendatang.
01509501166 | MIS n | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain