Skripsi
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PEDAGANG TERHADAP KINERJA PEMUNGUT RETRIBUSI PASAR JATIBARANG DI KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN BREBES
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagimanakah persepsi pedagang terhadap kinerja pemungut retribusi di pasar Jatibarang Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes ?. 2) Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi persepsi pedagang terhadap kinerja pemungut retribusi pasar di pasar Jatibarang Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes ?.
Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan penelitian ini adalah :
a. Ingin mendiskripsikan persepsi pedagang terhadap kinerja pemungut retribusi pasar di pasar Jatibarang Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes.
b. Ingin mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pedagang terhadap kinerja pemungut retribusi di pasar Jatibarang Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes.
Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif, penulis bermaksud memberikan gambaran mengenai persepsi pedagang pasar terhadap kinerja pemungut restibusi pasar di pasar Jatibarang Kabupaten Brebes. Informan dari pegawai Kantor Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Bidang Pengelolaan Pasar Kabupaten Brebes, Pegawai pasar dan pedagang pasar Jatibarang sejumlah 30 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Observasi, Wawancara, dan studi Kepustakaan. Adapun lokasi penelitian di Pasar Jatibarang Kabupaten Brebes.
Hasil penelitian diperoleh :
1. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi persepsi pedagang pasar terhadap kinerja pemungut retribusi pasar antara lain : 1) faktor internal meliputi perilaku, penampilan, pengalaman bekeraja, sikap, motivasi petugas, target yang ditetapkan; 2) factor ekternal seperti penempatan petugas, motivasi petugas, pimpinan kurang simpatik, lingkungan kerja.
2. Perilaku dan penampilan petugas pemugut retribusi pasar menjalankan tugasnya wajib berperilaku dan berpenampilan sopan, ramah, tidak emosional, menghormati dan menghargai para pedagang pasar guna memberikan pelayanan berkualitas sesuai peraturan yang berlaku.
3. Kinerja pemungut retribusi pasar yang baik dipengaruhi oleh dua hal yaitu tingkat kemampuan dan motivasi kerja petugas pemungut retribusi pasar.
Kata kunci : Persepsi pedagang pasar dan pemungut retribusi pasar
02109501370 | BAS f | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain