Skripsi
PERAN BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA PADA PESERTA DIDIK SMK AL-MA’ARIF KALIWADAS KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES (Studi Deskriptif Analitik pada Peserta Didik Kelas XI Tahun Pelajaran 2012 / 2013)
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya masalah sosial dewasa ini yang dilakukan kelompok remaja, maka penanggulangan kenakalan remaja di sekolah harus betul-betul dioptimalkan, aktualisasinya dapat memberikan kontribusi positif, baik dalam rangka pengembangan potensi peserta didik maupun dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan nasional pada umumnya. Dengan demikian program bimbingan sosial mempunyai peran penting dalam usaha membantu dan meningkatkan potensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan bimbingan sosial terhadap kenakalan remaja pada peserta didik kelas XI SMK Al-Ma’arif Kaliwadas Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian berjumlah 175 peserta didik, sampel diambil 15% dari populasi yaitu 27 peserta didik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah peran bimbingan sosial, variabel terikatnya adalah kenakalan remaja. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji validititas insrumen digunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus sperman brown. Guna menjawab hipotesis, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif prosentase dan analisis statistik korelasi product moment.
Hasil analisis deskriptif variabel X menunjukkan layanan bimbingan sosial dideskripsikan 27 responden sampel penelitian, meliputi: kategori sangat rendah 4 responden (14,81%), rendah 4 responden (14,81%), cukup 8 responden (29,63%), sedang 5 responden (18,52%), tinggi 3 responden (11,11%), dan sangat tinggi 3 responden (11,11%). Analisis deskriptif variabel Y menunjukkan tingkat kenakalan remaja dideskripsikan 27 responden sampel penelitian, meliputi: kategori sangat rendah 2 responden (7,41%), rendah 6 responden (22,22%), cukup 9 responden (33,33%), sedang 6 responden (22,22%), tinggi 0 responden (0,00%), dan sangat tinggi 4 responden (14,81%). Hasil perhitungan korelasi diperoleh rxy = 0,619, pada n = 27 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,381, karena rxy > rtabel atau 0,619 > 0,381, maka hipotesis nihil (Ho) dinyatakan ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima.
Dengan demikian dapat penulis simpulkan terdapat peran bimbingan sosial terhadap pennggulangan kenakalan remaja pada peserta didik SMK Al-Ma’arif Kaliwadas Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Saran dari penulis diharapkan guru pembimbing seharusnya melaksanakan layanan bimbingan sosial dengan maksimal sejalan dengan maraknya kenakalan remaja, dengan terlaksananya bimbingan sosial yang baik diharapkan dapat menumbuhkan sikap sosial dan budi pekerti yang luhur pada peserta didik.
11095012910 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain