Skripsi
ANALISIS KONSELING BERBASIS KEMANDIRIAN TERHADAP PENGEMBANGAN PRIBADI PESERTA DIDIK ( Studi Deskriptif pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013)
Rumusan masalah penelitian (1) bagaimanakah layanan konseling berbasis kemandirian pada peserta didik, (2) bagaimanakah layanan pengembangan pribadi peserta didik, (3) apakah ada hubungan konseling berbasis kemandirian dengan pengembangan pribadi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan layanan konseling berbasis kemandirian peserta didik, (2) mendeskripsikan layanan pengembangan pribadi peserta didik kelas, (3) mengetahui besarnya hubungan layanan konseling berbasis kemandirian dengan pengembangan pribadi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian berjumlah 349 peserta didik, dengan sampel 54 peserta didik. Teknik sampling menggunakan random sampling, pengumpulan data kuesioner dengan skala likert, wawancara, dokumentasi, validitas diuji dengan product moment dan reliabilitas alpha cornbach. Analisis data menggunakan deskriptif persentase, dan korelasi Product moment.
Dilihat dari tujuannya layanan konseling berbasis kemandirian peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat disimpulkan bahwa terdapat 16 atau 29,63 % peserta didik dalam interval 70-76 kemandirian peserta didik berada dalam kategori sedang dan 15 atau 27,78% peserta didik dalam interval 70-76 kemandirian peserta didik dalam kategori cukup. Dan untuk layanan pengembangan pribadi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat disimpulkan bahwa terdapat 18 atau 33,33% peserta didik memiliki pengembangan pribadi cukup dan 17 atau 31,48% peserta didik memiliki pengembangan pribadi yang tinggi. Konseling berbasis kemandirian terbukti secara signifikan berhubungan dengan pengembangan pribadi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan rhitung = 0,791 > r table ts.5 % = 0,266. Interpretasi Nilai rhitung terletak diantara interval koefisien 0,600–0,799 yang berarti tingkat hubungan konseling berbasis kemandirian dengan pengembangan pribadi adalah positif dan meyakinkan.
Kemandirian peserta didik merupakan bagian penting dari pembentukan sikap dan pengembangan pribadi, sehingga sangat diharapkan agar Bapak/Ibu guru bimbingan dan konseling SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal senantiasa meningkatkan layanan konseling berbasis kemandirian.
11095012510 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain