Skripsi
PERANAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP PENGEMBANGAN PRIBADI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 1 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Permasalahan dalam penelitian adalah apakah terdapat peranan yang signifikan bimbingan karir terhadap pengembangan pribadi pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Petarukan Tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya peranan bimbingan karir terhadap pengembangan pribadi pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Petarukan tahun pelajaran 2012/2013.
Populasinya adalah kelas XI SMK Negeri 1 Petarukan yang berjumlah 278, dengan jumlah sampel 42 peserta didik. Variabel bebas adalah peranan bimbingan karir dan variabel terikat adalah pengembangan pribadi. Metode pengumpul data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus Person Product Moment dengan jumlah 20 peserta didik di SMK N 1 Pemalang, 20 item tersebut dinyatakan valid dan uji reliabilitas dengan teknik belah 2 ganjil-genap,untuk variabel X menghasilkan 0,868 sedangkan variabel y menghasilkan reliabilitas 0,798. Teknik analisa data dengan korelasi product moment dan analisis deskriptif prosentase.
Diperoleh rxy sebesar 0,635, sedangkan r tabel (t.s 5%) dengan N = 42 sebesar 0,304, dapat disimpulkan rxy > r tabel (0,635 > 0,304), hal ini berarti ada peranan bimbingan karir terhadap pengembangan pribadi pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan demikian hipotesis kerja diterima dan hipotesis nihil ditolak .Dan sumbangan yang diberikan antara variabel X terhadap variabel Y adalah 40,32% serta faktor lain yang tidak diselidiki terdapat 59,6%.
Analisis deskriptif pada variabel X diperoleh data dengan kategori amat sangat tinggi 1 orang (2,4%), kategori sangat tinggi 5 orang (11,9%), kategori tinggi 15 orang (35,7%), kategori cukup 12 orang sebesar (28,5%), kategori kurang 5 orang (11,9%), kategori rendah 2 orang (4,8%), kategori sangat rendah 2 orang (4,8 %), sehingga peranan bimbingan karir pada peserta didik dalam kategori tinggi. Sedangkan pada variabel Y diperoleh data dengan kategori amat sangat tinggi 1 orang (2,4%), sangat tinggi 4 orang (9,5%), tinggi 12 orang ( 28,6%), cukup 7 orang (16,7%), kurang 8 orang (19%), rendah 6 orang (14,3%), sangat rendah 4 orang (9,5%). Jadi pengembangan pribadi dalam kategori tinggi.
11095013000 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain