Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM PENANGANAN KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NU 01 HASYIM ASY’ARI KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGALTAHUN PELAJARAN 2012/2013
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hambatan-hambatan yang dialami oleh peserta didik di dalam proses belajarnya. Hambatan yang dialami peserta didik disebabkan oleh faktor yang ada pada diri peserta didik itu sendiri dan faktor lingkungan. Sehingga bagi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar perlu pengawasan untuk mendapatkan layanan bimbingan belajar baik secara individual maupun kelompok, guna mengembangkan kemampuan belajar dalam mengikuti pendidikan dan belajar secara mandiri.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Adakah peran layanan bimbingan belajar dalam penanganan kesulitan peserta didik Kelas VIII SMP NU 01 Hasyim Asy’ari Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013”. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui ada tidaknya peran layanan bimbingan belajar dan ingin mengetahui besarnya peran penanganan kesulitan belajar pada peserta didik kelas VIII SMP NU 01 Hasyim Asy’ari Tahun 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII sejumlah 408 orang dan sampelnya adalah 40 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel layanan bimbingan belajar dan variabel kesulitan belajar. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah dengan rumus korelasi product moment.
Dari hasil analisis data, ditemukan r hitung 0.650 kemudian r hitung dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5 % diperoleh r tabel = 0.312 maka r hitung > r tabel (0.650 > 0.312), hal ini menunjukan bahwa ternyata nilai r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5 % yang berarti dapat dikatakan bahwa Hipotesis nihil (Ho) ditolak, yang mengemukakan “Tidak ada peran layanan bimbingan belajar dalam penanganan kesulitan peserta didik kelas VIII di SMP NU 01 Hasyim asy’ari Tahun Pelajaran 2012/2013”, dan hipotesis kerja (Ha) diterima, yang mengemukakan “ ada peran layanan bimbingan belajar dalam penanganan kesulitan peserta didik kelas VIII di SMP NU 01 Hasyim asy’ari Tahun Pelajaran 2012/2013”.
Saran yang direkomendasikan dalam hal ini adalah kepala sekolah maupun guru-guru setidaknya dapat memperhatikan nasib anak didiknya di masa depannya, jangan sampai peserta didik di sekolah tidak memiliki bekal kemampuan dalam dirinya untuk mencapai cita-citanya, yaitu dengan sesering mungkin diadakannya layanan bimbingan belajar ataupun evaluasi terhadap kemampuan peserta didik pada waktu-waktu tertentu untuk mengetahui sudah sejauhmana mereka memiliki kesiapan khususnya pada saat peserta didik akan menghadapi kelulusan.
11095012080 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain