Skripsi
HUBUNGAN KEPEMIMPINAN DAN KREATIVITAS GURU DI KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS X SMA NU 01 WAHID HASYIM KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Kepemimpinan dan Kreativitas Guru, Prestasi Belajar PKn.
Penelitian ini membahas kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk menunjang keberhasilan peserta didik dalam meraih prestasi adalah kepemimpinan dan kreativitas guru dalam mengajar di kelas. Guru tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga memiliki berbagai kemampuan yang bisa mengakomodasi seluruh potensi dan kemampuan peserta didik. Peserta didik dalam memahami tentang apa yang telah diajarkan guru di kelas berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Permasalahan yang seringterjadidalam proses belajar mengajar, guru kurang memaksimalkan dalam mendidik, mengajar, dan membimbing untuk mengarahkan peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan kepemimpinan dan kreativitas guru di kelas terhadap prestasi belajar PKn peserta didik kelas X SMA NU 01 Wahid Hasyim Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA NU 01 Wahid Hasyim Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 peserta didik. Karena populasinya kurangdari 100, maka dalam penelitian ini tidak mengunakan sampel, tetapi langsung pada populasinya. Variabel yang digunakan ada dua yaitu variabel bebes (kepemimpinan dan kreativitas guru di kelas) dan variabel terikat (prestasi belajar PKn). Instrument dalam penelitian ini adalah angket dan tes, uji validitas instrument menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas untuk angket menggunakan rumus Alpha dan reabilitas tes menggunakan rumus spearman brown. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik korelasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan analisis statistic korelasi diperoleh rxy = 0,795 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n=30 taraf signifikan 1% diperoleh rtabel = 0,643, maka rxy > rtabel atau 0,795 > 0,463 yang berarti hipotesis penelitian (Ha) yang berbunyi“ Ada hubungan yang positif antara kepemimpinan dan kreativitas guru di kelas terhadap prestasi belajar peserta didik” dinyatakan diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif kepemimpinan dan kreativitas guru di kelas terhadap prestasi belajar peserta didik. Oleh karena itu diharapkan guru dapat mempertahankan sikap kepemipinan dan meningkatkan kreativitas dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
01209500860 | EKA h | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain