Skripsi
PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGOPTIMALKAN PENEGAKKAN TATA TERTIB DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PAGERBARANG KECAMATAN PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Peranan, Guru, dan Penegakkan Tata Tertib
Tanggung jawab yang melekat sebagai pengajar dan pendidik, guru juga harus menjadi teladan bagi anak didiknya. Oleh karena itu guru dalam menjalankan tugasnya tidak hanya terbatas menyampaikan materi, tetapi memiliki tanggungjawab moral dalam mengembangkan sikap kearah yang positif, dalam hal ini yaitu tanggung jawab guru PKn dalam penegakkan tata tertib sekolah.
Perumusanmasalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana peranan guru PKn dalam mengoptimalkan penegakkan tata tertib (2) kendala yang ditemui (3) upaya yang dilakukan dalam menegakkan tata tertib. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai peranan guru PKn dalam mengoptimalkan penegakkan tata tertib.
Teori yang tercantum dalam penelitian ini adalah peranan guru, yaitu tindakan-tindakan yang dilakukan guru PKn dalam menegakkan tata tertib. Sedangkan tata tertib merupakan ketentuan-ketentuan yang mengatur kehidupan sekolah sehari-hari danmengandung sanksi terhadap pelanggarnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, peserta didik, kepala sekolah dan guru lain yang terlibat dalam penelitian ini. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi, member check, dan ketercukupan referensial. Adapun teknik analisis data seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data bahwa, guru PKn dalam mengoptimalkan penegakkan tata tertib di SMP Negeri 1 Pagerbarang Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012/2013 yaitu cukup berperan. Disamping mengajar guru juga bertugas menjaga tata tertib, tugas tersebut dilakukan setiap harinya tanpa beban, semua pihak sepakat berkomit menmenjaga dan menegakkan tata tertib. Kendala yang ditemuiyaitu masih banyak peserta didik yang melanggar tata tertib dan faktor lingkungan keluarga seperti orang tua bercerai, kesulitan ekonomi. Upaya yang dilakukanya itu memberikan pengarahan, contoh dan motivasi serta sanksi bagi peserta didik yang melanggar.
Penulis menyarankan agar guru PKn lebih berperan dalam menegakkan tata tertib. Bagi peserta didik diharapkan lebih disiplin dan mematuhi tata tertib sekolah.
01209500838 | LIS p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain