Skripsi
HUBUNGAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS X SMA NU 01 WAHID HASYIM KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2012/2013
Kata Kunci : internet, sumber belajar dan prestasi belajar PKn
Dengan internet, kita dapat mengakses jutaan sumber informasi yang dibutuhkan dengan sangat mudah. Kehadiran internet pada dasarnya sangat membantu dunia pendidikan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih kondusif dan interaktif.
Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah siswa kelas X SMA NU 01 Wahid Hasyim telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar dan bagaimana perkembangan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan, serta apakah ada hubungan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar PKn.
Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA NU 01 Wahid Hasyim yang berjumlah 30 siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan dokumentasi. Uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown dengan teknik belah dua. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rhitung sebesar 0,096 dan rtabel sebesar 0,364. Berdasarkan uji statistik tersebut rhitung˂rtabel, sehingga hipotesis kerja ditolak. Hal ini berarti bahwa tidak ada hubungan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar PKn, dengan itu Ho diterima dan Ha ditolak.
Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMA NU 01 Wahid Hasyim Kecamatan Talang Kabupaten Tegal telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar, akan tetapi tidak cukup berpengaruh terhadap prestasi belajar, dan ada perkembangan prestasi belajar PKn, hanya perkembangannya kurang signifikan dalam hubungannya dengan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar, serta tidak ada hubungan secara signifikan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar PKn, karena prestasi belajar tidak hanya dipengaruhi internet, tetapi banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar PKn.
Sekolah disarankan untuk melengkapi dan memperbaiki sarana dan prasarana belajar yang belum tersedia dan kurang layak untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran. Guru disarankan untuk memberikan arahan dan motivasi kepada siswa agar lebih aktif dan kreatif dalam memanfaatkan fasilitas teknologi informasi. Siswa dianjurkan untuk lebih aktif dan kreatif belajar di sekolah, serta pandai memanfaatkan media internet sebagai sumber belajar.
01209500823 | DUM h | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain