Skripsi
STUDI KORELASI PENGGUNAAN MEDIA TEKNOLOGI KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS XI DI SMA PGRI BREBES SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Penggunaan Media Teknologi Komputer,Prestasi Belajar
Dengan Penggunaan media teknologi komputer,kita dapat menjadikan Proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efesien karena media teknologi komputer memiliki semua kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh media lain. Selain mampu menampilkan teks, gerak, suara dan gambar,komputer juga dapat di gunakan secara interaktif ,bukan hanya searah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Apakah ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media teknologi komputer terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PKn siswa Kelas XI di SMA PGRI Brebes Semestar Genap Tahun Pelajaran 2012/2013”.Tujuan penelitian ini adalah: Untuk menguji ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara penggunaan media teknologi komputer terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PKn siswa Kelas XI di SMA PGRI Brebes Semestar Genap Tahun Pelajaran 2012/2013.
Desain penelitian menggunakan penelitian hubungan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah XI SMA PGRI BREBES Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 108 peserta didik, sedangkan jumlah sampel yang digunakan berjumlah 27 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan mengambil dokumentasi nama siswa,absensi siswa,nilai raport siswa kelas XI dan beberapa data pendukung lainnya yang berhubungan dengan materi penelitian.
Berdasarkan hasil Penelitian menunjukan bahwa r_hitung (rxy ) =0,835 Sedangkan r_tabel (0,396 untuk taraf signifikasi 5%),sehingga r_hitung >r_tabel sehingga Hipotesis nihil (H_o) ditolak dan hipotesis altenatif (H_a).Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara Penggunaan Media Teknologi Komputer dengan Prestasi belajar Pada mata Pelajaran PKn pada siswa kelas XI di SMA PGRI BREBES Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan koefesien korelasi sebesar 0,835 termasuk kedalam kategori sangat tinggi.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Penggunaan Media Teknologi Komputer dengan Prestasi belajar Pada mata Pelajaran PKn pada siswa kelas XI di SMA PGRI BREBES Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan koefesien korelasi sebesar 0,835 termasuk kedalam kategori sangat tinggi.
Guru Bidang studi disarankan lebih memanfaatkan media teknologi komputer dalam proses belajar mengajar karena berdasarkan penelitian yang saya teliti terbukti bahwa Penggunaan Media teknologi komputer mampu meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PKn.
01209500806 | SUN s | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain