Skripsi
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII MTS AL AZHAR TUWEL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Efektifitas, strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir, prestasi belajar, dan mata pelajaran IPS.
Penelitian ini dilatarbelakangi aktivitas pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS sebagian besar siswa kelas VIII belum mampu memperoleh hasil maksimal, cara guru mengembangkan desain pembelajaran khususnya mata pelajaran IPS masih konvensional (guru menerangkan siswa mendengarkan), selain itu rata-rata prestasi belajar IPS juga masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII MTs Al Azhar Tuwel tahun pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian adalah kelas VIII MTs Al Azhar tahun pelajaran 2012/2013 Tuwel yang berjumlah 213 siswa. Sampel dalam penelitian adalah 36 siswa kelas VIII E sebagai kelompok eksperimen dan 36 siswa VIII F sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian yaitu variabel bebas (strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir) dan variabel terikat (prestasi belajar siswa). Instrumen penelitian berupa tes mata pelajaran IPS, jumlah item 20 butir soal. Hasil uji validitas dan reliabilitas dinyatakan semua item valid dan reliabel, sedangkan uji tingkat kesukaran dan daya beda dinyatakan item tes mempunyai tingkat kesukaran dan daya beda yang beragam sehingga instrumen layak digunakan dalam penelitian. Analisis data dengan membandingkan kelompok kontrol dengan eksperimen dengan menggunakan uji-Z.
Hasi tes prestasi belajar IPS siswa kelas VIII E (kelompok eksperimen) diketahui 1 = 71,81, Me = 75 dan Mo = 75 sedangkan untuk siswa kelas VIII F (kelompok kontrol) diketahui 2 = 63,89, Me = 67,5 dan Mo = 80. Data tersebut kemudian dianalisis dengan uji-Z, hasil perhitunan uji-Z diperoleh Zhitung = 2,214, dengan derajat kebebasan (dk) = 36 + 36 - 2 = 70, pada taraf signifikan 5%, dari tabel distribusi Z diperoleh harga Ztabel sebesar 1,994. Karena Zhitung Ztabel atau 2,214 1,994, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir tidak efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Al Azhar Tuwel tahun pelajaran 2012/2013.
01309500632 | EKA e | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain