Skripsi
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X DI SMA NU O1 SURADADI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012”
Kata Kunci : Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw dalam Meningkatkan kompetensi Mata pelajaran Ekonomi.
Pokok masalah penelitian adalah prestasi belajar ekonomi siswa sangat di pengaruhi oleh metode pembelajaran yang di gunakan, padahal metode konvensional kurang efektif dalam kegiatan belajar mengajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) Keaktifan siswa secara keseluruhan siswa kelas X SMA NU 01 Suradadi tahun pelajaran 2011/2012, (2) Hasil belajar siswa kelas X ( B ) SMA NU 01 Suradadi.
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X ( B ) SMA NU 01 Suradadi tahun pelajaran 2011/2012, sejumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) observasi keaktifan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung; (b) wawancara kepada siswa; (c) ulangan harian. Prosedur pelaksanaan tindakan meliputi: (a) perencanaan tindakan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) observasi; (d) analisis dan refleksi.
Hasil penelitian mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan sebelum penerapan metode Jigsaw, yaitu pada aspek semangat dalam KBM pada siklus I yaitu indikator BS= 5%; B= 70%; C= 22,5%; K= 2,5% dan pada siklus II indikator BS= 17,5%; B= 67,5%; C= 15%. Pada pengukuran aspek kerjasama antar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I indikator B= 22,5%; C= 70%; K= 7,5% dan pada siklus II indikator BS= 2,5%; B= 32,5%; C= 60%; K= 5%. Pengukuran aspek mengeluarkan pendapat untuk memecahkan masalah mengalami peningkatan yaitu pada siklus I indikator B= 20%; C= 47,5%; K= 32,5% dan pada siklus II indikator BS= 7,5%; B= 22,5%; C= 57,5%; K= 12,5%. Pengukuran aspek memberikan pertanyaan juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I indikator BS= 2,5%; B= 5%; C= 67,5%; K= 15% dan pada siklus II indikator BS= 7,5%; B= 22,5%; C= 57,5%; K= 12,5%. Rata-rata ulangan harian siswa siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 1,05 (siklus I= 6,31; siklus II= 7,36).
Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif metode jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa, terbukti dari data yang menyimpulkan adanya peningkatan aspek – aspek keaktifan siswa yang meliputi kerja sama antar siswa, mengeluakan pendapat, memberikan pertanyaan (Bertanya).
01308500498 | ASR p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain