Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL MEMBACA PEMAHAMAN WACANA NARATIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Penelitian ini dilatarbelakangi minat baca dan rasa ingin tahu siswa yang masih tergolong rendah merupakan beberapa alasan pembelajaran membaca kurang disenangi oleh siswa. Membaca sebagai salah satu keterampilan berbahasa harus diajarkan dengan model pembelajaran yang efektif dan menarik, karena membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar menulis karangan narasi dan hasil belajar menulis karangan narasi serta keefektifan model membaca pemahaman wacana naratif dalam pembelajaran menulis karangan narasi pada siswa kelas XI SMA N 4 Kota Tegal tahun pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitiaan adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tegal dengan jumlah 200 siswa. Sampel diambil secara acak dari lima kelas (cluster/kelompok) yaitu 30 siswa kelas XI.IS.3 sebagai kelompok kontrol dan 30 siswa kelas XI.IS.1 sebagai kelompok eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah penerapan model membaca pemahaman wacana nartif (X) sebagai variabel bebas dan hasil belajar menulis karangan narasi (Y) sebagai variabel terika. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode tes sebagai metode pokok atau utama, metode observasi dan metode dokumentasi sebagai metode bantu. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Hasi tes bahasa Indonesia pokok bahasan “Menulis Karangan Narasi” siswa kelas XI.IS.1 (kelompok eksperimen) diketahui 1 = 77,6, Me = 76 dan Mo = 76 sedangkan siswa kelas XI.IS.3 (kelompok kontrol) diketahui 2 = 74,4, Me = 76 dan Mo = 76. Berdasarkan perhitungan statistic Uji-t diperoleh thitung = 2,517. Dengan derajat kebebasan (dk) = 30 + 30 - 2 = 58, pada taraf signifikan 5%, diperoleh harga ttabel = 2,002. Karena thitung ttabel atau 2,517 2,002, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada keefektifan model membaca pemahaman karangan naratif dalam pembelajaran menulis karangan narasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model membaca pemahaman wacana naratif efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis karangan narasi. Saran yang dapat penulis sampaikan hendaknya guru senantiasa melatih siswa dengan model membaca pemahaman karena pemahaman dari suatu wacana melibatkan bahasa, motivasi, persepsi, pengembangan konsep, bahkan keseluruhan pengalaman.
15085010450 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain